Jumat, 11 September 2015

doc.matas.447.HUKUM ORANG MEMBACA AL-QOR'AN TDK MENGGUNAKAN TAJWID




Lutfi Jaya10 Agustus pukul 18:25
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfihu, wana’audubillahi min sururi anfusina wamin sayyi’ati a’maalina manyahdillahu fala mudillalah waman yudlil fala hadiyalah la haula wala quwwata illa billah amma ba’duh.
Selanjutnya menindak lanjuti pertanyaan saudara Jubir Matas

Assalamulaykum wrb mohon di bahaskan ke pd semua member matas pertanyaan dri akhina Zainal Zhie Poetra Melaratz

من قرأالقرأن بلاتجويدفهوحرم

Apa mksd hadits d atas.sgt bnyak trjdi org2 membaca alqur'an dlm membaca mad wajib n mad ja'iz kurang pnjang. baik dlm sholat maupun luar sholat, kadang krn trbawa arus lagu n kadang mmg tdk tau.apkh org yg membaca sprti itu akn mendapat dosa/haram?tlg d jwb, atau bs posting ke matas.
Berikut jawaban para astidz wal asatidzah :

Ochan Dhakhochan

 jk msh tahab blajar bsa di maklum. jk lupa jg bgtu. jk sdah blajar nmun gk bsa jg dimaklum. nmun jk sdah tau salah dan gk mau blajar itu yg dosa. mslah mad itu panjang pndekny diatur. unt yg bc cpat pun jg dmikian. smua ada ilmuny

Atama Paya

Yang haram apabila meninggalkan undang2 ilmu Tajwid yang termasuk wajib syar'i( seperti memelihara huruf dari perubahan bentuk kata/ kadal dan perusakan makna)Sedangkan meliputi cara baca seperti idgham,ikhfa',idhhar,iklan dll termasuk wajib shina'i,maka menurut ulamak muta'akhirin meninggalkan tidak dosa.كتارعان علم التجويد ٢٥ دان نهاية القول المفيد ٢٤Ibaratnya insyaallah setelah shalat tarawih


فالشرعى ما يحفظ الحروف من تغيير المبنى وافساد المعنى فيائثم تاركه.والصناعي فيما ذكره العلماء في كتب التجويد كالاذغام والاخفاء والاقلاب والترفيق والتفخيم فلا يائثم تاركه على اختيار المتائخرين.نهاية القول المفيد ٢٤

Jelajah Dumayya Positif

menurut saya itu kombinasi dgn ayat

فاقرؤا ما تيسر من القرأن

Balqis Fitri

Hukum membaca Al-Quran tapi tidak disertakan dengan hukum tajwid adalah berdosa menurut pendapat ulama yg terdahulu krn mempelajarinya adlhwajib berdasarkan sabda Nabi s.a.w
Dari Aisyah r.a., Rasulullah bersabda: "Orang (mukmin) yang mahir membaca Quran, maka kedudukannya di akhirat di temani para malaikat yang mulia. Dan orang yang membaca Quran, padahal dia gagap sehingga sulit baginya membaca, maka dia mendapat dua ganjaran."(Sahih Muslim: No.767)
Jelajah Dumayya Positif maksud intix bacalah quran sebisa anda..dri ayat alquran itu yg penting benar..sebab terkait dgn hadits ini رب قرائة القرأن والقرأن يلعنه banyak org yg bc alquran sedangkan alquran melaknati pembacax...itu krna sembrono dlm membaca sehingga mrubah maknax bgi pendengarx gra2 tdk sesuai dgn kalimah lagadz yg di bacax

Lutfi Jaya kitab

Nihayatul Qoul Al-Mufid halaman 24

إعلم أن الواجب في علم التجويد ينقسم إلى واجب شرعي وهو ما يثاب على فعله و يعاقب على تركه أو صناعي وهو ما يحسن فعله و يقبح تركه و يعزر على تركه التعزير اللائق عند أهل تلك الصناعة فالشرعي ما يحفظ الحروف من تغيير المبني و إفساد المعنى فيأثم تاركه والصناعي فيما ذكره العلماء في كتب التجويد كالإدغام والإخفاء والإقلاب والترقيق والتفخيم فلا يأثم تاركه على اختيار المتأخرين . نهاية القول المفيد : ص : ٢٤


Maulana Al Anwar Syadatd

Hukum mempelajari ilmu tajwid,fardu kifayah tapimempergunakan ilmu tajwid dalam membaca alquran fardu a,in,
Atama Paya Imam al-jazari seorang ulama dan pakar tajwid al-Quran beliau bersyair dalam matan al-jazariوالاخذ بالتجويد حتم لازمMembaca alquran dgn atheis adalah sebuah keharusan.من لم يجود القران اثمSiapa yang tidak men-tajwidkan alquran maka ia berdosa.فانه به لانه انزلاKarena dengan Tajwid Allah menurunkannyaوهكذا منه الينا وصلاDan demikianlah ia sampai kepada kita juga dgn tajwid.
Inilah yang kemudian muncul istilah ilmu tajwid sebuah disiplin ilmu dalam upaya memperbaiki bacaan d alquran .perintah awalnya, dlm alquran dg bacaan tartil. Dr itulah rumusan dlm aturan membaca kemudian disebut ilmu tajwid.Tujuan dlm membaca alquran dg bertajwid , sebagaimana diungkapkan oleh para ahli qurra' adalah sebagai brkt:Memelihara dr kesalahan2 dlm membaca alquran. Dg mempraktikkan ilmu tajwid dlm pembacaan alquran , seseorang itu akan terhindar dr melakukan kesalahan2 yg merusak bacaan atau mencacatkannya. Sekiranya membaca alquran dh tajwid yg betul merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim . Dalam kesalahan dalam Alquran terbagi menjadi dua:1. Kesalahan nyata (لحن الجلى)Sebagaimana didefinisikan oleh aljazari merupakan sebuah kesalahan yg berlaku pd lafal yg membawa kpd kerusakan makna dr huruf bacaan seperti huruf ha'diganti kha' atau sebaliknya, tentunya akan mengubah makna . Termasuk dgn memanjangkan huruf yg dpt mengubah arti dr awalnya mufrod menjadi tatsniyah bahkan jamak. Kesalahan inilah yg menyebabkan keharaman dalam bacaan .

فالشرعى ما يحفظ الحروف من تغيير المبنى وافساد المعنى فيائثم تاركه.


2. Kesalahan tersembunyi (لحن خفى) Didefinisikan sebagai kesalahan yg dilakukan pd bacaan yg menyalahi cara baca yg telah di tetapkan dalam membaca alquran tanpa merusak makna . Kesalahan tersembunyi ini hanya bisa disadari oleh orang yg mahir dalam tajwid dan tidak disadari oleh orang awam. Kesalahan kreativitasnya terjadi sppd pembacaan ghunnah. Asalkan tidak sampai pd perusakan makna asal ,tergolong khafi . begitu juga panjang pendek yg tidak sampai mengubah pd makna asal , dalam hal ini makruh,tidak sampai pd tingkatan haram

.والصناعي فيما ذكره العلماء في كتب التجويد كالاذغام والاخفاء والاقلاب والترفيق والتفخيم فلا يائثم تاركه على اختيار المتائخرين.نهاية القول المفيد ٢٤

Demikian jawaban para astidz wal asatidzah, maka sudah bisa di ambil kesimpulan bahwa MEMBACA AL-QURAN DENGAN TANPA MEMPERHATIKAN TAJWID adalah tdk berdosa dengan catatan tdk sampai merusak makna. Demikian semoga bermanfaat amin Allahumma amin. Wallahu a’lam Bisshawaf.Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolommusawwirin :
https://m.facebook.com/groups/297908517036791?view=permalink&id=503633603130947&refid=18&_ft_
Link documen :
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas447hukum-orang-membaca-al-qoran-tdk-menggunakan-tajwid/518357881658519/?refid=18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar