Rabu, 16 September 2015

doc.matas.516.HUKUM ASAP BENDA NAJIS



AdyAssaid
Assalamualaikumwr ,wb udah jllas" klo tai sapi tu najis,,, pertaxanxa gmn hukumx jika adaasap dari pembakaran tai sapi trsbut mngenahi cucian yg basah trmkasih

Jawaban:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIMSetelahkitamusyawahbersama member MATAS dan paraasatidz wal Asatidzah danDewanTahkimMatasmempunyai beberapa jawaban sebagaiberikut, Diantaranya :

 Dijawab oleh Al ustadz @JawahirulUmam 

we.alaikumsalam ma,af semua para ustad"mari kita baca ta,bir yg ada in

 ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﺝ 2 ﺹ 533 | ﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﺍﻷﻛﺒﺮ ﻗﺎﻝ
 ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: ﻭﺃﻣﺎ ﺩﺧﺎﻥ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﺇﺫﺍﺃﺣﺮﻗﺖ ﻓﻔﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ :ﺎﻤﻫﺪﺣﺃ ﺃﻧﻪ ﻧﺠﺲ ﻷﻧﻬﺎ ﺃﺟﺰﺍﺀ ﻣﺘﺤﻠﻠﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻟﺮﻣﺎﺩ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ:ﻟﻴﺲ ﺑﻨﺠﺲ ﻷﻧﻪ ﺑﺨﺎﺭ ﻧﺠﺎﺳﺔ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻟﺒﺨﺎﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ .ﻑﻮﺠﻟﺍ ﺇﻫـ

megenai masalh tadi it terkait dgn mslh asapyng mana asab tsb it dihaslkn dari pembakarn benda najis atau asap benda ygtrkena najis, dlm madzhab kami terdapat dua padagan 1 , dihukumi najis krn iamerupa kan bagian dari benda najis yng dibakar. Kedua, tidak di hukumi najiskrn ia hanxalah sebuah uap benda najis, maka asap trsebt tak ubahnx bak sebuahuap yg keluar dri rongga dalm tubuh manusia sprti halnxa kentut. dan adapun pendapat yng di anggap lebih shahih dikalngn Syafi'iyyah adlh pedapt yng pertama.

Dijawab oleh Al ustadz @AchmadSultoni

Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Terdapat perbedaan pendapat diantara ulama' mengenai hukumasap yang dihasilkan dari pembakaran benda najis :

1.Pendapat ashoh dalam madzhab syafi'i menyatakan bahwa asapdari pembakaran najis itu dihukumi najis, sebab asap tersebut berasal daribenda yang najis, jadi asap tersebut adalah bagian dari najis yang sudahberubah bentuk, karena itu hukumnya sama dengan debu yang dihasilkan daripembakaran benda najis yang juga dihukumi najis.

Pendapat yang menyatakan bahwa asap dari pembakaran bendanajis dihukumi najis juga merupakan pendapat yang ashoh dalam madzhab hanbalidan pendapat yang dipilih oleh Syekh Abu Yusuf dari kalangan ulama' madzhabHanafi.

Meskipun asap dari pembakaran benda najis dihukumi najisjuga, para ulama' menyatakan bahwa jika asapnya hanya sedikit maka dima'fu(diampuni/dianggap suci) dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :

•   Apabila benda yang terkena najis adalahbenda yang basah, semisal baju yang basah, maka dihukumi najis secara mutlak,baik sedikit atau banyak, sebab dalam keadaan seperti ini asap tersebutdihukumi sebagaimana benda najis yang nampak.

•   Menurut Imam Ibnu Hajar, meskipunasapnya sedikit, apabila asap tersebut berasal dari najis mugholladhoh, makatidak dima'fu dan hukumnya tetap najis, sedangkan menurut Imam Romli baiknajisnya najis yang bukan mugholladhoh atau najis mugholladhoh sama saja,apabila sedikit, maka najisnya dima'fu.

•   Sebagian ulama' memberikan syaratdima'funya asap najis yang sedikit itu apabila asap tersebut tidak sengajadiarahkan pada suatu benda, apabila sengaja diarahkan pada suatu benda makadihukumi najis meskipun hanya sedikit, hal ini bisa disamakan seperti jikaseseorang melihat lalat yang membawa benda najis kemudian ditangkap danditempelkan kebadan atau baju, jadi apa yang sering dilakukan dipemandiandengan sengaja mengarahkan asap pada suatu benda atau tempat itu hukumnya najisyang tidak dima'fu.

Namun menurut ulama' lainnya meskipun asap tersebut sengajadiarahkan, jika hanya sedikit maka tidak najis, masalah ini tidak bisadisamakan dengan dengan menempelkan lalat yang najis kebaju sebab dalamsaat-saat tertentu diperlukan pengasapan yang dilakukan dengan sengajamengarahkan asap (termasuk asap yang najis) pada suatu tempat atau benda,karena itu apa yang dilakukan dipemandian dengan melakukan pengasapan, apabilaasapnya hanya sedikit maka dima'fu.


2.Sebagian ulama' menyatakan bahwa asap yang dihasilkan daripembakaran benda najis itu dihukumi suci, sebab asap tersebut bukanlah bendayang najis dan bukan bagian dari benda najis, asap adalah sesuatu yangdiciptakan Alloh ketika terjadi pertemuan antara api dan benda yang najis, jaditak ada alasan untuk menyatakan bahwa asap tersebut hukumnya najis, dan asaptersebut bisa disamakan dengan kentut yang dihukumi suci oleh para ulama'.

Pendapat yang menyatakan bahwa asap dari pembakaran bendanajis dihukumi suci juga merupakan pendapat yang dibuat pijakan fatwa (muftabih) dalam madzhab Hanafi dan menurut pendapat yang dibuat pegangan (mu'tamad)dalam madzhab Maliki. Pendapat ini juga diikuti oleh sebagian ulama' madzhabHanbali. Para ulama' madzhab Hanafi memberikan alasan, bahwa asap dari pembakarannajis itu dihukumi suci untuki menghindari kesulitan menghindarinya dan karenadhorurot.

Kesimpulannya, menurut pendapat yang ashoh dalam madzhabSyafi'i asap pembakaran benda najis dihukumi najis kecuali apabila asap najistersebut hanya sedikit , sedangkan menurut sebagian ulama' asap tersebuthukumnya suci, baik sedikit atau banyak. Wallohu a'lam.  

( Dijawab oleh : Siroj Munir )


Referensi :
1. Al Bayan, Juz : 1 Hal : 428-429
2. Al Majmu', Juz : 2 Hal : 579
3. Mughnil Muhtaj & Hasyitah Asy-Syibromilsi, Juz :1 Hal : 85
4. Hasyiyah Al Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1 Hal : 102
5. Hasyiyah I'anatut Tholibin, Juz : 1 Hal ; 106
6. Al Mausu'ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 20 Hal: 240


Ibarot :

Al Bayan, Juz : 1 Hal : 428-429
وفيدخان النجاسة وجهان: أحدهما: أنه طاهر؛ لأنه ليس هو النجاسة، ولا تولد منها، وإنماهو شيء يحدثه الله عند التقاء جسم النار والعين النجسة، فلا معنى لتنجيسه.فعلىهذا: إذا علق بالثوب.. لم يمنع من الصلاة فيه. وإذا حصل على حائط تنور.. لم يمنعالخبز عليه
والثاني:أنه نجس. قال في " الفروع ": وهو الأصح؛ لأنه حادث من العين النجسة،فأشبه الرماد. قال أصحابنا: فعلى هذا: إذا علق بالثوب، فإن كان قليلا.. عفي عنه.وإن كان كثيرا.. لم يطهر إلا بالغسل

Al Majmu', Juz : 2 Hal : 579
قالالمصنف رحمه الله : وأما دخان النجاسة إذا أحرقت ففيه وجهان احدهما انه نجس لانهااجزاء متحللة من النجاسة فهو كالرماد والثانى ليس بنجس لانه بخار نجاسة فهوكالبخار الذى يخرج من الجوف
الشرح: الوجهان في نجاسة دخان النجاسة مشهوران ودليلهما مذكور في الكتاب أصحهما عندالأصحاب النجاسة

Mughnil Muhtaj & Hasyitah Asy-Syibromilsi, Juz : 1 Hal : 85
ويعفىعن قليل دخان النجاسة في الماء وغيره كما صرح به الإسنوي
...............................
[حاشية الشبراملسي]
قولهدخان النجاسة) أي حيث لم يكن وصوله للماء ونحوه بفعله وإلا نجس، ومنه البخوربالنجس أو المتنجس كما يأتي فلا يعفى عنه وإن قل؛ لأنه بفعله أخذا مما مر فيما لورأى ذبابة على نجاسة فأمسكها حتى ألصقها ببدنه أو ثوبه إلا أن يفرق بأن البخور مماتمس الحاجة إليه فيغتفر القليل منه ولا كذلك الذبابة، ومن البخور أيضا ما جرت بهالعادة من تبخير الحمامات

Hasyiyah Al Bujairomi Ala Syarhil Manhaj, Juz : 1 Hal : 102
فرع: دخان النجاسة نجس يعفى عن قليله، وبخارها كذلك إن تصاعد بواسطة نار لأنه جزء منالنجاسة تفصله النار بقوتها وإلا فطاهر وعلى هذا يحمل إطلاق من أطلق نجاسته أوطهارته
.....................................
[حاشية البجيرمي]
[فرع دخان النجاسة]
قولهدخان النجاسة) وكذا دخان المتنجس كحطب تنجس ببول قال شيخنا: وبه يعلم ما عمت بهالبلوى في الشتاء شوبري، وهذا مكرر مع قوله في أول الطهارة ومن دخان نجس إلا أنيقال أتى به توطئة لقوله وكذا بخارها إلخ. (قوله يعفى عن قليله) ما لم تكن هناكرطوبة وإلا فلا يعفى عنه لتنزيلهم الدخان منزلة العين، فلو زال الريح الكثير منالثوب ولم تكن رطوبة جازت الصلاة في ذلك الثوب، ح ل

Hasyiyah I'anatut Tholibin, Juz : 1 Hal ; 106
قوله:ومن دخان نجاسة) معطوف على قوله من شعر نجس. أي: ويعفى عن يسير - عرفا - من دخانالنجاسة، وهو المتصاعد منها بواسطة نار، ولو من بخور يوضع على نحو سرجين. ومنه ماجرت به العادة في الحمامات، فهو نجس لانه من أجزاء النجاسة تفصله النار منهالقوتها. ويعفى عن يسيره بشرط أن لا توجد رطوبة في المحل وأن لا يكون بفعله، وإلافلا يعفى مطلقا لتنزيلهم الدخان منزلة العين

Al Mausu'ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, Juz : 20 Hal : 240
دخانالنجاسة
اختلفالفقهاء في طهارة الدخان المتصاعد من النجاسة: فذهب الحنفية على المفتى به،والمالكية في المعتمد، وبعض الحنابلة، إلى أن دخان النجاسة طاهر. قال الحنفية: إنذلك على سبيل الاستحسان دفعا للحرج، وللضرورة وتعذر التحرز
وذهب الشافعية في الأصح والحنابلة في المذهب،وأبو يوسف من الحنفية إلى أن دخان النجاسة كأصلها، وظاهر كلام الرملي من الشافعيةأن قليله معفو عنه مطلقا، وعلى هذا فمن استصبح بدهن نجس، يعفى عما يصيبه من دخانالمصباح لقلته. وأما عند ابن حجر الهيتمي فيعفى عن قليله إن لم يكن من مغلظ، وإلافلا يعفى عنه قليلا كان أو كثيرا

Sumber :


=================================

DEMIKIANYANG DAPATKAMI SIMPULKAN SEBELUMDANSESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATASSEGALAKEKURANGAN DANKEKHILAFANDANKESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN:

MemberGroup MajlisTa'lim Assalafiyah(MATAS)

PENELITI:
(1).UstadzMhisyamAbbrori
(2).UstadzAch alfaroby
(3).UstadzSultoniArobbi
(4).UstadzahNailaMazaya Maya
(5).UstadzAbu haidar
(6).UstadzAbdul GhafurMasykur
(7).UstadAtama Paya.
(8).UstadLutfijaya

EDITOR: UstadzSultoni Arobbi
Kolommuawwirin:
Link documen:
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas516hukum-asap-benda-najis/534207080073599/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar