Rabu, 16 September 2015

doc.matas.511.HUKUM JUAL BELI TANPA IJAB QABUL.

Ach Alfaroby
28 Desember 2014
Asslmualaikm wr wb mhnmf sblmya kpd para guru dan tmen2 mtas smua mau nya adakah ulama,yg mengesahkanjual beli tanpa ijeb qobul?mhn pnjelsanya trmksh wss


Jawaban:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kitamusyawahbersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan TahkimMatasmempunyai beberapa jawaban sebagai berikut, Diantaranya :





Di jawab oleh: Al Ustadz @ TintaHitam


Ada,Jualbeli tanpa ijab qobul secara lafdzi
dinamakanjual beli mu'athoh, jumhur ulama
menghukumninyatidak sah, namun ada
sebagianulama yang membolehkan.


Silahkan di muhroti sendiri:

ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻷﺧﻴﺎﺭ ﻓﻲ ﺣﻞ ﻏﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ )ﺹ233 :(ﻭﻟﻮ
ﻟﻢ ﻳﻮﺟﺪ ﺇﻳﺠﺎﺏ ﻭﻗﺒﻮﻝ ﺑﺎﻟﻠﻔﻆ ﻭﻟﻜﻦ ﻭﻗﻌﺖ
ﻣﻌﺎﻃﺎﺓ ﻛﻌﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﺄﻥ ﻳﻌﻄﻲ ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻱ ﺍﻟﺒﺎﺋﻊ
ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻴﻌﻄﻴﻪ ﻓﻲ ﻣﻘﺎﺑﻠﺔ ﺍﻟﺒﻀﺎﻋﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﺬﻛﺮﻫﺎ
ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻱ ﻓﻬﻞ ﻳﻜﻔﻲ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻓﻲ ﺃﺻﻞ
ﺍﻟﺮﻭﺿﺔﺃﻧﻪ ﻟﺎ ﻳﻜﻔﻲ ﻟﻌﺪﻡ ﻭﺟﻮﺩ ﺍﻟﺼﻴﻐﺔ ﻭﺧﺮﺝ ﺍﺑﻦ
ﺳﺮﻳﺞ ﻗﻮﻻ ﺃﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﻜﻔﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺤﻘﺮﺍﺕ ﻭﺑﻪ ﺃﻓﺘﻰ
ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﺍﻟﻤﺤﻘﺮ ﻛﺮﻃﻞ ﺧﺒﺰ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﻣﻤﺎ
ﻳﻌﺘﺎﺩ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﻤﻌﺎﻃﺎﺓ ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
ﻭﻭﺳﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﻳﻨﻌﻘﺪ ﺍﻟﺒﻴﻊ ﺑﻜﻞ ﻣﺎ ﻳﻌﺪﻩ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﻴﻌﺎ
ﻭﺍﺳﺘﺤﺲﻧﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺒﺎﺭﻉ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﺒﺎﻍ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ
ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺰﺍﻫﺪ ﺃﺑﻮ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﻣﺤﻴﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻗﻠﺖ
ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺬﻱ ﺍﺳﺘﺤﺴﻨﻪ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﺒﺎﻍ ﻫﻮ ﺍﻟﺮﺍﺟﺢ ﺩﻟﻴﻼ ﻭﻫﻮ
ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﻟﺄﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺼﺢ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﺍﺷﺘﺮﺍﻁ ﺍﻟﻠﻔﻆ
ﻓﻮﺟﺐ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻛﻐﻴﺮﻩ ﻭﻣﻤﻦ
ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﻟﻤﺘﻮﻝﻱ ﻭﺍﻟﺒﻐﻮﻱ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ

Jika mabi’ (barangyang dijual)-nya sudah dilihat dengan jelas oleh kedua belah pihak sebelummelakukan transaksi maka hukumnya sah.
2. Jika mabi’ belum dilihat dengan jelas maka hukumnya tidak sah, kecualiapabila mabi’ dijelaskan sifat dan jenisnya.
ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺍﻟﺘﻠﻔﻆ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﺴﻤﻌﻪ ﻣﻦ ﺑﻘﺮﺑﻪ ﻋﺎﺩﺓ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻌﻪﺍﻟﻤﺨﺎﻃﺐ - ﻭﻳﺘﺼﻮﺭ ﻭﺟﻮﺩ ﺍﻟﻘﺒﻮﻝ ﻣﻨﻪ ﻣﻊ ﻋﺪﻡ ﺳﻤﺎﻋﻪ، ﺑﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺑﻠﻐﻪ ﺍﻟﺴﺎﻣﻊ ﻓﻘﺒﻞ ﻓﻮﺭﺍ،ﺃﻭ ﺣﻤﻞ ﺍﻟﺮﻳﺢ ﺇﻟﻴﻪ ﻟﻔﻆ ﺍﻻﻳﺠﺎﺏ ﻓﻘﺒﻞ ﻛﺬﻟﻚ، ﺃﻭ ﻗﺒﻞ ﺍﺗﻔﺎﻗﺎ - ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ، ﻧﻘﻼ ﻋﻦﺳﻢ - ﻓﻠﻮ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻌﻪ ﻣﻦ ﺑﻘﺮﺑﻪ ﻟﻢ ﻳﺼﺢ


Di jawaboleh: Al Ustadz @ AtamaPaya

Menurutimam nawawi, mutawally dan baghawi hukumnya sah.

(ولا ينعقد) البيع (بالمعاطاة) اذالفعل لا يدل بوضعه (وختر النووي وجماعة ) منهم المتولى والبغوى ( الانعقد ) له ( فى كل) اى بكل ( مايعده الناس بيعا)
●اسنى المطالب ٢/ ٣ ●

Dengan ini para musyawirin bersamadewanTahkim MATAS Menyimpulkan sebagai berikut :
Berdasarkan uraian di atas  menurut imam nawawi, mutawally dan baghawihukumnya sah.

=================================

DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUMDANSESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFANDANKESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah(MATAS)

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolom muawwirin :

https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/408132029347772/
Link documen :
https://www.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas511hukum-jual-beli-tanpa-ijab-qabul/533782950116012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar