Oleh Tahkim Matas pada 24 September 2015 pukul 21:54
Alwarok Warok
11 Juni
Assalamu'alaum yaakhena .para ustadz dan ustadzah ..ada pertanyaan sedikiit dari teman aku gmnhukumnya orang nikah melalui hp sarat2nya udah ada semua tapi di antarapembelai berdua ber jauhan..semua sharat pada melalui hp gmn hukumnya ustadzsah apa tidak ...sekian terimakasih atas perhatiannya.
Jawaban:
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIMSetelah
kitamusyawahbersamamember MATAS danparaasatidz walAsatidzah danDewan
TahkimMatasmempunyaibeberapa jawabansebagaiberikut,Diantaranya :
Dijawab oleh :Naila MazayaMaya
وحضور شاهدي عدل...الى ان قال ويشترط في كل منالشاهدين ايضا السمع والبصر والضبط ومعرفة لسان المتعاقدين
(حاشية البجيرمي على الخطيب ج ٣ ص ٣٢٧)
Juga disyaratkan bagidua saksi untuk mendengar dan melihat dan mengetahui lisan dua orang ygberakatan (wali dan calon suami)
(حاشية البجيرمي على الخطيب ج ٣ ص ٣٢٧)
Juga disyaratkan bagidua saksi untuk mendengar dan melihat dan mengetahui lisan dua orang ygberakatan (wali dan calon suami)
· ومما تركه من شروط الشاهدين السمع والبصر والضبط . قوله الضبطاي لألفاظ ولي الزوجة والزوج فلا يكفي سماع الفاظها في ظلمة لأن الاصوات تشتبهانتهي
krnsuara lewat telfon kemungkinan bisa ghoror (keserupa'an, rekaman dll)
روتعائشة ان النبي ص م قال كل نكاح لم يحضره اربعه فهو سفاح :خاطب وولي وشاهدين.
(المجموع ج ١٥ ص ٢٥٤)
ﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥﻛﻨﺎﻳﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻘﻮﺩ ﻛﺎﻟﺒﻴﻊ ﻭﺍﻟﺴﻠﻢ
ﻭﺍﻹِﺣﺎﺭﺓﻓﻴﺼﺢ ﺫﻟﻚ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ,
ﺃﻣﺎﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻓﻼ ﻳﺼﺢ ﺑﺎﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ﻷﻧﻪ ﻳﺸﺘﺮﻁ
ﻓﻴﻪﻟﻔﻆ ﺻﺮﻳﺢ, ﻭﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ﻛﻨﺎﻳﺔ, ﻭﺃﻥ
ﻳﻨﻈﺮﺍﻟﺸﺎﻫﺪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺎﻗﺪﻳﻦ, ﻭﻓﻘﺪ ﺫﻟﻚ
ﺇﺫﺍﻛﺎﻥ ﺑﺎﻟﺘﻠﻔﻮﻥ, ﺃﻭ ﻣﺎ ﻫﺬﺍ ﻣﻌﻨﺎﻩ
krnsuara lewat telfon kemungkinan bisa ghoror (keserupa'an, rekaman dll)
روتعائشة ان النبي ص م قال كل نكاح لم يحضره اربعه فهو سفاح :خاطب وولي وشاهدين.
(المجموع ج ١٥ ص ٢٥٤)
ﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥﻛﻨﺎﻳﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻘﻮﺩ ﻛﺎﻟﺒﻴﻊ ﻭﺍﻟﺴﻠﻢ
ﻭﺍﻹِﺣﺎﺭﺓﻓﻴﺼﺢ ﺫﻟﻚ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ,
ﺃﻣﺎﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻓﻼ ﻳﺼﺢ ﺑﺎﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ﻷﻧﻪ ﻳﺸﺘﺮﻁ
ﻓﻴﻪﻟﻔﻆ ﺻﺮﻳﺢ, ﻭﺍﻟﺘﻠﻔﻮﻥ ﻛﻨﺎﻳﺔ, ﻭﺃﻥ
ﻳﻨﻈﺮﺍﻟﺸﺎﻫﺪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺎﻗﺪﻳﻦ, ﻭﻓﻘﺪ ﺫﻟﻚ
ﺇﺫﺍﻛﺎﻥ ﺑﺎﻟﺘﻠﻔﻮﻥ, ﺃﻭ ﻣﺎ ﻫﺬﺍ ﻣﻌﻨﺎﻩ
Di jawab oleh :Achmad Sultoni
akad nikah dikatakan sah apabila dihadiri oleh wali, mempelaipria, dan dua orang saksi. Dan diperbolehkan bagi wali atau mempelai pria untukmewakilkan kepada orang lain. Hal ini sebagaimana keterangan yang terdapatdalam kitab Kifayah al-Akhyar sebagai berikut;
يُشْتَرَطُ فِي صِحَّةِ عَقْدِ النِّكَاحِ حُضُورُأَرْبَعَةٍ وَلِيٍّ وَزُوْجٍ وَشَاهِدِي عَدْلٍ وَيَجُوزُ أَنْ يُوَكَّلَالْوَلِيُّ وَالزَّوْجُ
“Disyaratkan dalam kesahan akad nikah kehadiran empat pihak, yaitu wali,mempelai pria, dan dua orang saksi yang adil. Dan diperbolehkan wali danmempelai pria diwakilkan” (Taqiyyuddin al-Husaini al-Hushni, Kifayah al-Akhyarfi Halli Ghayah al-Ikhtishar, Surabaya-Dar al-‘Ilm, juz, 2, h. 43)
Syarat sah pernikahan hadirnya wali dan duaorang saksi yang adil. Begitu juga calon suami, wajib hadir di tempat akaduntuk mengqobul (menerima) akad nikah sehingga tidak sah jika calon suamiberada di tempat lain walaupun menggunakan alat seperti telepon dan lain-lain.Kecuali jika calon suami mewakilkan orang lain untuk mengqobul/menerima akadpernikahannya, maka pernikahannya sah, sedang kehadiran calon istri di majlisakad tidak disyaratkan dalam syareat karena sudah diwakili oleh walinya
تحفة المحتاج في شرح المنهاج – (ج 7 / ص 227)
( وَلَا يَصِحُّ ) النِّكَاحُ ( إلَّا بِحَضْرَةِشَاهِدَيْنِ ) قَصْدًا أَوْ اتِّفَاقًا بِأَنْ يَسْمَعَا الْإِيجَابَ وَالْقَبُولَأَيْ الْوَاجِبَ مِنْهُمَا الْمُتَوَقِّفَ عَلَيْهِ صِحَّةُ الْعَقْدِ لَا نَحْوَذِكْرِ الْمَهْرِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ لِلْخَبَرِ الصَّحِيحِ { لَا نِكَاحَ إلَّابِوَلِيٍّ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ وَمَا كَانَ مِنْ نِكَاحٍ عَلَى غَيْرِ ذَلِكَفَهُوَ بَاطِلٌ } الْحَدِيثَ وَالْمَعْنَى فِيهِ الِاحْتِيَاطُ لِلْأَبْضَاعِوَصِيَانَةُ الْأَنْكِحَةِ عَنْ الْجُحُودِ وَيُسَنُّ إحْضَارُ جَمْعٍ مِنْ أَهْلِالصَّلَاحِ
Denganiniparamusyawirinbersama dewanTahkim MATAS Menyimpulkan sebagai berikut :
Berdasarkan uraian di atas syarat sah pernikahanhadirnya wali dan dua orang saksi yang adil. Begitu juga calon suami, wajibhadir di tempat akad untuk mengqobul (menerima) akad nikah sehingga tidak sahjika calon suami berada di tempat lain walaupun menggunakan alat seperti telepondan lain-lain. Kecuali jika calon suami mewakilkan orang lain untukmengqobul/menerima akad pernikahannya, maka pernikahannya sah, sedang kehadirancalon istri di majlis akad tidak disyaratkan dalam syareat karena sudahdiwakili oleh walinya.
=================================
DEMIKIANYANG DAPATKAMI SIMPULKAN SEBELUM DANSESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALAKEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DANKESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM
MUSYAWWIRIN:
MemberGroup MajlisTa'lim Assalafiyah(MATAS)
PENELITI:
(1).UstadzTahkim Matas
(2).UstadzJubir Matas
(3).UstadzSultoniArobbi
(4).UstadzLutfi Jaya
(5).UstadzAbu haidar
(6).UstadzAbdul GhafurMasykur
(7).UstadAtama Paya.
(8).UstadzahNailaMazaya Maya
EDITOR: Ustadz Achmad sultoni
Kolommuawwirin:
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/488347331326241/
Link documen :
https://www.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas549hukum-ijab-qobul-lewat-telpon/537150006445973
Tidak ada komentar:
Posting Komentar