Minggu, 13 September 2015

doc. matas.500. HUKUM ANAK ZINA MENIKAH DENGA ANAK DARI AYAH YANG MEZINAHI IBUNYA




Achmad Sultoni
30 November 2014

Assalamualaikum wrb langsung sja apakah sah nikahx anak hasil perselingkuhan kawin dengan ank lelaki yg menyelinkuhinya misal andre selingkuh dngn ana lalu pnya ank mila lalu mila menkah sam ank andre SAH tdk nikahnya.....???????

Jawaban:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai beberapa jawaban sebagai berikut, Diantaranya :

Di jawab oleh : Al Ustadz Tinta Hitam

ﻭﻻ ﻳﻤﻨﻊ ﺯﻧﺎﻩ ﺑﺎﻣﺮﺃﺓ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﻟﻬﺎ ﻭﻻ ﻻﻣﻬﺎ ﻭﻻ ﻟﺒﻨﺘﻬﺎ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﺑﻨﺘﻬﺎ ﻣﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎﺀ ﺯﻧﺎﻩ ﺍﺫ ﻻ ﺣﺮﻣﺔ ﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻟﻜﻦ ﻳﻜﺮﻩ ﻟﻪ ﻧﻜﺎﺣﻬﺎ “

Dan tidak menjadi terlarang akibat perbuatan zina seorang lelaki pada wanita untuk menikahinya, menikahi ibunya atau anaknya meskipun anak tersebut tertitah dari air sperma saat ia menzinahi ibunya karena tidak ada kemuliaan dalam spermanya (sperma yang mulia adalah yang tertuang melalui pernikahan sah) namun makruh baginya menikahi mereka”. As-Syarqawy II/219.

327 ) ( ﻗﻮﻟﻪ: ﻻ ﻣﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎﺀ ﺯﻧﺎﻩ( ﺃﻱ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻧﻜﺎﺡ ﻣﺨﻠﻮﻗﻪ ﻣﻦ ﻣﺎﺀ ﺯﻧﺎﻩ: ﺇﺫ ﻻ ﺣﺮﻣﺔ ﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻟﻜﻦ ﻳﻜﺮﻩ ﻧﻜﺎﺣﻬﺎ ﺧﺮﻭﺟﺎ ﻣﻦ ﺧﻼﻑ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ.ﻭﻣﺜﻞ ﺍﻟﻤﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎﺀ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﺍﻟﻤﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎﺀ ﺍﺳﺘﻤﻨﺎﺋﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻳﺪ ﺣﻠﻴﻠﺘﻪ ﻭﺍﻟﻤﺮﺗﻀﻌﺔ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﺰﻧﺎ، ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺿﻌﺖ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺑﻠﺒﻦ ﺯﻧﺎ ﺷﺨﺺ ﺑﻨﺘﺎ ﺻﻐﻴﺮﺓ ﺣﻠﺖ ﻟﻪ، ﻭﻻ ﻳﻘﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻟﺰﺍﻧﻴﺔ، ﻓﺈﻧﻬﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﻟﺪﻫﺎ ﺑﺎﻻﺟﻤﺎﻉ.ﻭﺍﻟﻔﺮﻕ ﺃﻥ ﺍﻟﺒﻨﺖ ﺍﻧﻔﺼﻠﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻭﻫﻲ ﻧﻄﻔﺔ ﻗﺬﺭﺓ ﻻ ﻳﻌﺒﺄ ﺑﻬﺎ، ﻭﺍﻟﻮﻟﺪ

Para ulama’ sepakat bahwa apabila seorang laki-laki berzina dengan seorang wanita, lalu dia hamil dari hasil zina tersebut dan melahirkan seorang anak, maka anak tersebut dinasabkan kepada ibunya dan tidak ada hubungan nasab sama sekali antara dia dengan laki-laki yang menghamili ibunya. (Lihat masalah ini pada At Tamhid oleh Imam Ibnu Abdi Bar 7/183, Al Istidzkar oleh beliau juga 22/177, Al Majmu’ Syarah Muhadzab oleh Imam Nawawi 19/48, Al Muhalla oleh Ibnu Hazm 10/323, Zadul MA’ad oleh Imam Ibnul Qoyyim) Hal ini berdasarkan hadits berikut :

 ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺃﻥ ﺭﺟﻠﺎ ﻟﺎﻋﻦ ﺍﻣﺮﺃﺗﻪ ﻓﻲ ﺯﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺍﻧﺘﻔﻰ ﻣﻦ ﻭﻟﺪﻫﺎ ﻓﻔﺮﻕ ﺍﻟﻨﺒﻲ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻭﺃﻟﺤﻖ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﺑﺎﻟﻤﺮﺃﺓ

Dari Abduloih bin Umar berkata : “Sesungguhnya seorang laki-laki meli’an [1] isrtinya pada zaman Rosululloh dan tidak mengakui anaknya, maka belia memisahkan antara keduanya da n menasabkan anak tersebut kepada ibunya.” (HR. Bukhori : 6748, Muslim : 1494)

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﺃﻧﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ ﺍﺧﺘﺼﻢ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻭﻗﺎﺹ ﻭﻋﺒﺪ ﺑﻦ ﺯﻣﻌﺔ ﻓﻲ ﻏﻠﺎﻡ ﻓﻘﺎﻝ ﺳﻌﺪ ﻫﺬﺍ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﺑﻦ ﺃﺧﻲ ﻋﺘﺒﺔ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻭﻗﺎﺹ ﻋﻬﺪ ﺇﻟﻲ ﺃﻧﻪ ﺍﺑﻨﻪ ﺍﻧﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺷﺒﻬﻪ ﻭﻗﺎﻝ ﻋﺒﺪ ﺑﻦ ﺯﻣﻌﺔ ﻫﺬﺍ ﺃﺧﻲ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻟﺪ ﻋﻠﻰ ﻓﺮﺍﺵ ﺃﺑﻲ ﻣﻦ ﻭﻟﻴﺪﺗﻪ ﻓﻨﻈﺮ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﻟﻰ ﺷﺒﻬﻪ ﻓﺮﺃﻯ ﺷﺒﻬﺎ ﺑﻴﻨﺎ ﺑﻌﺘﺒﺔ ﻓﻘﺎﻝ ﻫﻮ ﻟﻚ ﻳﺎ ﻋﺒﺪ ﺑﻦ ﺯﻣﻌﺔ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻟﻠﻔﺮﺍﺵ ﻭﻟﻠﻌﺎﻫﺮ ﺍﻟﺤﺠﺮ

Dari Aisyah berkata : Sa’ad bin Abi Waqqosh dan Abd bin Zam’ah bertengkar mengenai seorang anak, Sa’d berkata : Wahai Rosululloh,, ini adalah keponakanku (anak saudaraku) yang bernama Utbah bin Abi Waqqosh, dia berpesan kepadaku bahwa ini ini adalah anaknya, lihatlah pada kemiripan antara keduanya.” Lalu Abd bin Zam’ah berkata : “Wahai Rosululloh, ini adalah saudaraku, dia terlahir di firosy [2] bapakku dari budak wanitannya.” Maka, Rosululloh pun memandanganya dengan cermat dan beliau melihat adanya kemiripan yang jelas antara dia dengan Utbah bin Abi Waqqosh, namun beliau bersabda : “Dia saudaramu wahai Abd bin Zam’ah, Anak itu milik yang memiliki firosy, dan bagi seorang pezina hanyalah kerugian.” (HR. Bukhori : 6750, Muslim 2/180)


Di jawab oleh : Al Ustadz :Lutfi Jaya

Menurut pendapat saya pernikahan anak andri dengan mila ( anak hasil zina ) itu boleh atau sah, dalam hukum syar'ei apalagi anaknya bapaknya mila pun boleh menikahi mila karena mila dalam hukum syaraknya di nasabkan sama ibunya berdasarkan

* Imam Syafi’i dan Malik dalam riwayat yang masyhur dalam madzhab mereka
membolehkan menikah dengan anak perempuan dari hasil zinanya. (Lihat Al
Um oleh Imam Syafi’i 5/42 [3],

Dengan ini para musyawirin bersama dewan Tahkim MATAS Menyimpulkan sebagai berikut :

Berdasarkan uraian di atas nikah anak dari mila dan andre sah begitu  pula jika andre yg menikahi anak mila, tapi makruh hukumnya
.
====================================

DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )


PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya


 EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
 Kolom muawwirin :
 https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/396012243893084/
 Link documen :
 https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/doc-matas500-hukum-anak-zina-menikah-denga-anak-dari-ayah-yang-mezinahi-ibunya/532934540200853/?refid=18



Tidak ada komentar:

Posting Komentar