Sabtu, 26 September 2015

doc.matas.559.HUKUM NISHOB UANG DALAM ZAKAT.

Hasil gambar untuk uang dan dirham





Umar Fajar Spdi
5 September pukul 17:55
Assalamu alaikum wrwb,,, ustad Lutfi jaya yg saya hormati dan jg Dewan asatid yg kami mulyakan,,,oa ustad ini mau Tanya berapa nishobnya uang,, dan berapa zakatnya? Trmkshwassalamualikum wrwb

Jawaban:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kita musyawah bersama memberMATAS danparaasatidz walAsatidzah dan Dewan TahkimMatasmempunyai beberapa jawaban sebagai berikut,Diantaranya :

Dijawab oleh : AtamaPaya

● Dalam hal ini ada perbedaan pendapat, adayang mewajibkan dan ada yang tidak mewajibkan zakat.
●Ulama yang mengatakan wajib zakat, karena memandang pada nilai nominal dariuang yang di gunakan transaksi pada masa dulu.
●Sedangkan ulama yang tidak mewajibkanzakat karena melihat pada hakikat dari uang kertas di anggap fulus.

●Sedangkan nishab yang itu sama dengan nishab emas ato perak. Dan kadar yangharus di keluarkan adalah 2,5 % ( mengikuti zakat emas dan perak )


وختلف المتاخرون فى الورقة المعروفة باالنوط فعند الشيخ السالم بن سمير والحبيبعبد الله بن سميط انها من قبيل الديون نظر الى ما تضمنته الورقة المذكورة منالنقود المتعامل بها و عند الشيخ محمد الانبانى والحبيب عبد الله بن ابي بكركالفلوس المضروبة والمتعامل بها صحيح عند الكل و تجب زكاةما تضمنته الاوراق منالنقود عند الاولين زكاة عين وتحب زكاة التجارة عند الاخرين فى اعيانها اذا قصدبها التجارة.
( موهبة ذي الفضل ٤ / ٢٩ )


Dijawab oleh : Achmad Sultoni

KEDUDUKAN RUPIAH DIMATA FIQH ZAKAT Dalamliterature fiqh, mata uang yang diterangkan dan wajib dizakati adalah dinâr dandirhâm yang terbuat dari emas atau perak. Apakah uang rupiah maupun dolartermasuk harta yang wajib dizakati seperti halnya emas dan perak? Jawab:Terjadi perbedaan ulama’. Satu versi mengatakan wajib zakat, sebab padadasarnya, mata uang tersebur adalah bukti atas kepemilikan emas dan perak.Menurut versi kedua, uang tidak terkena beban zakat, kecuali sebagai hartatijarah.

Referensi:
التّرمسي الجزء الرابعصحـ : 29-30
 وَاخْتَلَفَ الْمُتَأَخِّرُوْنَ فِي الْوَرَقَةِالْمَعْرُوْفِ بِالنَّوْطِ فَعِنْدَ الشَّيْخِ سَالِمِ بْنِ ساَمِر وَالْحَبِيْبِعَبْدِ اللهِ بِنْ سُمَيْطٍ أَنَّهَا مِنْ قَبِيْلِ الدُّيُوْنِ نَظْرًا اِلَى مَاتَضَمَّنَتْهُ الْوَرَقَةُ الْمَذْكُوْرَةُ مِنَ النُّقُوْدِ الْمُتَعَامَلِ بِهَاوَعِنْدَ الشَّيْخِ مُحَمَّدِ اْلأَنْبَانِيِّ وَالْحَبِيْبِ عَبْدِ اللهِ بْنِأَبِيْ بَكْرٍ أَنَّهَا كَاللُّغُوْسِ الْمَضْرُوْبَةِ وَالتَّعَامُلِ بِهَاصَحِيْحٌ عِنْدَ الْكُلِّ وَتَجِبُ زَكَاةُ التِّجَارَةِ عَنْدَ الأَوَّلَيْنَزَكَاةَ عَيْنٍ وَتَجِبُ زَكَاةُ التِّجَارَةِ عِنْدَ اْلآخِرَيْنِ فِيْأَعْيَانِهَا إِذَا قَصَدَ بِهَا التِّجَارَةَ وَأَمَّا أَعْيَانُ اْلأَوْرَاقِالَّتِيْ لَمْ تُقْصَدْ بِهَا التِّجَارَةُ فَلاَ زَكَاةَ بِهَا بِاتِّفَاقٍ اهـ


ket disini juga terdapat khilafulama

«أحكام الفلوس» للفلوس أحكام عديدة ، منها : «أوّلاً :زكاة الفلوس» 4 - اختلف الفقهاء في زكاة الفلوس على اتّجاهات : فذهب الشّافعيّةوالحنابلة إلى أنّ الفلوس كالعروض فلا تجب الزّكاة فيها إلاّ إذا عرضت للتّجارة .وذهب الحنفيّة ، وهو قول عند المالكيّة إلى أنّ الفلوس الرّائجة تجب فيها الزّكاةمطلقاً كالذّهب والفضّة ، لأنّها أثمان مطلقاً ، فإذا كسدت عدّت عروضاً فلم تجبفيها الزّكاة إلاّ إذا عرضت للتّجارة . والمذهب عند المالكيّة أنّه لا زكاة فيالفلوس النّحاسيّة فلا تجب الزّكاة في عينها لخروجها عمّا وجبت الزّكاة في عينه منالنّعم والأصناف المخصوصة من الحبوب والثّمار والذّهب والفضّة ، فمن كانت عندهفلوس قيمتها مائتا درهم فلا زكاة عليه فيها ، إلاّ أن يكون مديراً - متاجراً بها -فيقوّمها كالعروض ، أمّا المحتكر فعليه زكاة ثمنها ، وحين تكون الفلوس للتّجارةثمّ أقامت - أي بقيت - عند مالكها سنين ثمّ باعها بذهب أو فضّة فليس فيها إلاّزكاة سنة واحدة كسائر عروض التّجارة المحتكرة . «ثانياً : ربويّة الفلوس» 5 -اتّجه الفقهاء في ربويّة الفلوس الرّائجة اتّجاهات ثلاثةً :

link kitabhttp://www.islamport.com/b/2/alfeqh/fiqh/%DD%DE%E5%20%DA%C7%E3/%C7%E1%E3%E6%D3%E6%DA%C9%20%C7%E1%DD%DE%E5%ED%C9/%C7%E1%E3%E6%D3%E6%DA%C9%20%C7%E1%DD%DE%E5%ED%C9%20165.html


Dijawab oleh : LutfiJaya

Matauang wajib dizakati karena fungsinya sebagai alat tukar sebagaimana emas danperak yang ia gantikan fungsinya saat ini. Hukum mata uang ini pun sama denganhukum emas dan perak karena kaedah yang telah ma’ruf “ البدل له الحكم المبدل ” (pengganti memiliki hukum yang samadengan yang digantikan).


Denganini paramusyawirin bersama dewanTahkim MATAS Menyimpulkan sebagai berikut,
Berdasarkan uraian di atas:

● Dalam hal ini ada perbedaan pendapat, adayang mewajibkan dan ada yang tidak mewajibkan zakat.
●Ulama yang mengatakan wajib zakat, karena memandang pada nilai nominal dariuang yang di gunakan transaksi pada masa dulu.
●Sedangkan ulama yang tidak mewajibkanzakat karena melihat pada hakikat dari uang kertas di anggap fulus.

●Sedangkan nishab yang itu sama dengan nishab emas ato perak. Dan kadar yangharus di keluarkan adalah 2,5 % ( mengikuti zakat emas dan perak )

=================================

DEMIKIANYANGDAPAT KAMISIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATASSEGALAKEKURANGAN DANKEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN:

MemberGroupMajlisTa'limAssalafiyah(MATAS)

PENELITI:
(1).UstadzTahkimMatas
(2).UstadzJubirMatas
(3).UstadzSultoniArobbi
(4).UstadzLutfiJaya
(5).UstadzAbuhaidar
(6).UstadzAbdulGhafurMasykur
(7).UstadAtamaPaya.
(8).UstadzahNailaMazayaMaya

EDITOR:Ustadz Achmad sultoni
Kolommusawwirin:
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/529187063908934/
Link documen :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar