Oleh Tahkim Matas pada 26 September 2015 pukul 20:47
Ach Alfaroby
7 Juli
asslamualaikum wr wbmhn mf sblmya kpd pra gru dan shbat2 mts smua mau tya sring sy dgr di sa‘atmelafadkan niat puasa ada dua bca‘an yg prtma romadhona trus yg ke duaromadhoni yg sy tykn knp dbca dua macam dan mna yg bnr/yg lbh bnr? mhn pnjlsnyatrmksh wsslamualaikum wr wb
Jawaban :
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kita musyawah bersama member MATASdanparaasatidz walAsatidzah dan Dewan Tahkim Matasmempunyai beberapa jawabansebagai berikut,Diantaranya :
Di jawab oleh : EmaRiffah Mc
ROMADLONI (dengan kasroh) Niki keterangangamblange: Fathul mu'in
: ٠ ( ﻭﺃﻛﻤﻠﻬﺎ ) ﺃﻯﺍﻟﻨﻴﺔ (ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﻏﺪ ﻋﻦ ﺃﺩﺍﺀ ﻓﺮﺽِ ﺭﻣﻀﺎﻥِ ) ﺑﺎﻟﺠﺮ ﻻﺿﺎﻓﺘﻪ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ (ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻨﺔِ ﻟﻠﻪﺗﻌﺎﻟﻰ ) ٠
Danlebih sempurnanya niat adalah: Nawaitu shouma ghodin 'an adaa'i fardli romadloni- dibaca jer sebab diidlofahkan pada lafadz sesudahnya yaitu - hadzihissanatilillahi ta'ala. ~Penjelasan di I'anatuttholibinnya juz 2 hal 225:
٠ ( ﻗﻮﻟﻪ ﺑﺎﻟﺠﺮﻻﺿﺎﻓﺘﻪ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ ) ﺃﻯ ﻳﻘﺮﺃ ﺭﻣﻀﺎﻥِ ﺑﺎﻟﺠﺮ ﺑﺎﻟﻜﺴﺮﺓ ﻟﻜﻮﻧﻪ ﻣﻀﺎﻓﺎ ﺍﻟﻰ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﻫﻮ ﺍﺳﻢﺍﻹﺷﺎﺭﺓ ... ﺍﻟﺦ
Perkataanmushonnif : "dengan dibaca jer sebab diidlofahkan pada lafadzsesudahnya" yakni lafadz ROMADLON dibaca dengan i'rob jer dengan HAROKATKASROH sebab mudlof pada lafadz sesudahnya yaitu isim isyaroh (HADZIHI)
romadlon adalah isim Ma’rifat, namun biladimaksud bulan-bulan romadlon di semua tahun maka NAKIROH i’lam anna romadlonaghoiru munshorifin lil’alamiyati illa in kanal murodu bihi kulla romadloni minghoiri t’ayiinin...(ka syifatussaja.hal:7)
ﻧﻮﻳﺖﺻﻮﻡَ ﻏﺪٍ ﻋﻦ ﺃﺩﺍﺀِ ﻓﺮﺽِ ﺷﻬﺮِ ﺭﻣﻀﺎﻥِ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻨﺔِ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻧﻮﻳﺖُ : ﻓﻌﻞ ﻭﻓﺎﻋﻞ؛ ﺻﻮﻡَ: ﻣﻔﻌﻮﻝ ﺑﻪ ﻣﻨﺼﻮﺏ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﻧﺼﺒﻪ ﻓﺘﺤﺔ؛ ﻏﺪٍ : ﻣﻀﺎﻑ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺠﺮﻭﺭ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﺟﺮﻩ ﻛﺴﺮﺓ؛ ﻋﻦ :ﺣﺮﻑ ﺟﺮ ﻣﺒﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻜﻮﻥ؛ ﺃﺩﺍﺀ : ﻣﺠﺮﻭﺭ ﺑِﻌَﻦْ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﺟﺮﻩ ﻛﺴﺮﺓ، ﻭﻫﻮ ﻣﻀﺎﻑ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ؛ﻓﺮﺽ : ﻣﻀﺎﻑ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺠﺮﻭﺭ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﺟﺮﻩ ﻛﺴﺮﺓ، ﻭﻫﻮ ﻣﻀﺎﻑ ﺃﻳﻀﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ؛ ﺷﻬﺮ : ﻣﻀﺎﻑ ﺇﻟﻴﻪﻣﺠﺮﻭﺭ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﺟﺮﻩ ﻛﺴﺮﺓ، ﻭﻫﻮ ﻣﻀﺎﻑ ﺃﻳﻀﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ؛ ﺭﻣﻀﺎﻥ : ﻣﻀﺎﻑ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺠﺮﻭﺭ، ﻭﻋﻼﻣﺔﺟﺮﻩ ﻛﺴﺮﺓ، ﻭﻫﻮ ﻣﻀﺎﻑ ﺃﻳﻀﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﻌﺪﻩ؛ ﻫﺬﻩ : ﺍﺳﻢ ﺇﺷﺎﺭﺓ ﻣﺒﻨﻲ ﻓﻲ ﻣﺤﻞ ﺟﺮ ﺑﺎﻹﺿﺎﻓﺔ، ﻭﻋﺎﻣﻞﺟﺮ ﺍﻟﻤﻀﺎﻑ ﺇﻟﻴﻪ : ﻗﻴﻞ ﺍﻟﻤﻀﺎﻑ، ﻭﻗﻴﻞ ﺍﻹﺿﺎﻓﺔ، ﻭﻗﻴﻞ ﺣﺮﻑ ﺍﻟﺠﺮ ﺍﻟﻤﺤﺬﻭﻑ، ﻭﻗﻴﻞ ﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ؛ﺍﻟﺴﻨﺔ : ﻣﺸﺎﺭ ﺇﻟﻴﻪ ﻻﺳﻢ ﺍﻹﺷﺎﺭﺓ )ﻫﺬﻩ ( ﻓﻬﻮ ﺑﺪﻝ ﺃﻭ ﻋﻄﻒ ﺑﻴﺎﻥ ﻟﻪ، ﻣﺠﺮﻭﺭ، ﻭﻋﻼﻣﺔ ﺟﺮﻩﻛﺴﺮﺓ
Kesimpulannya adalah Romadlon klo tidak diidlofahkan (yaitu klo tidakdibaca jer dengan kasroh) maka maknanya fasid, karena niat hanya butuh (dhorof)waktu sekejap pada malam dia niat, bukan setahun. Romadloni dibaca jer dengantanda kasroh, karena dimudhofkan pada lafadz setelahnya yaitu isim isyaroh(hadzihi) Isim ghoiru munsharif itu tidak ditanwin dan tidak dikasroh karenapunya illat yang menyebabkan sifat keisimannya lemah, lebih cenderung miripfi'il. Namun isim ghoiru munshorif ketika dimudhofkan maka sifat keisimannya menjadikuat, sehingga tanda jer nya pakai kasroh. Menurut hemat enyong tidak adakonsekwensi (niatnya tetap sah), kecuali si pengucap bisa dikatagorikan kurangfasih karena tidak bisa mendatangkan lafad sesuai makna yang diinginkan. Danenyong lebih nyaman memakai Romadloni mengikuti jejak para ulama sepuh yangtidak diragukan keilmuan, kekhusyu'an ibadah serta kehati-hatian dalam niatberibadah. ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺎﻟﺼﻮﺍﺏ Nyuwun koreksinyakepada para ahli nahwu ... monggo
Di jawab oleh : Naila MazayaMaya
(قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده) أي يقرأرمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة.
(اعانة الطالبين)
menurut ibarot ini lbhunggul/mu'tamad Romadhoni
romadhoni adlh isim ghoiru munshorif dgn dua ilat (alamiyah bersamaziyadah alif nun) dan i'rob jir nya dgn kasroh
krn mudhof pd hadzihi sdg kan isim ghoirumunshorif jk mudhof mk yg asalnya tanda jirnya fatha menjadi kasroh(اعانة الطالبين)
menurut ibarot ini lbhunggul/mu'tamad Romadhoni
romadhoni adlh isim ghoiru munshorif dgn dua ilat (alamiyah bersamaziyadah alif nun) dan i'rob jir nya dgn kasroh
والجر بالفتحة مالم ينصرف ان لم يضف او يأتي بعدال صرف
=================================
DEMIKIANYANG DAPAT KAMISIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATASSEGALAKEKURANGAN DANKEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM
MUSYAWWIRIN:
MemberGroupMajlisTa'lim Assalafiyah(MATAS)
PENELITI:
(1).UstadzTahkimMatas
(2).UstadzJubir Matas
(3).UstadzSultoniArobbi
(4).UstadzLutfi Jaya
(5).UstadzAbu haidar
(6).UstadzAbdulGhafurMasykur
(7).UstadAtama Paya.
(8).UstadzahNailaMazayaMaya
EDITOR: Ustadz Achmad sultoni
Kolommusawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/502393716588269/
Link documen :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar