Rabu, 09 September 2015

doc.matas.348. KAJIAN KITAB AL-HIKAM BAGIAN KEDELAPAN BELAS



السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
 KAJIAN KITAB AL-HIKAM BAGIAN KEDELAPAN BELAS:
بسم الله الرحمن الرحيم

قال المصنف رحمه الله تعالی : ماتوقف مطلب انت طالبه بربك ولاتيسرمطلب انت طالبه بنفسك. ٣٣33)

Tidak akan terhenti (macet) suatu permintaan yg semata-mata engkau minta (engkau sandarkan) kepada kurnia (kekuasaan) Tuhanmu, dan tidak mudah tercapai permintaan (pengharapan) yg engkau sandarkan kepada kekuasaan dan daya upaya serta kepandaian dirimu sendiri.

قال المصنف رحمه الله تعالی: من علامات النجح فی النهايات الرجوع الی الله فی البدايات. ٣٤34)

Suatu tanda akan lulusnya seorang pada akhir perjuangannya jika selalu tawakkal menyerah kepada Allah sejak mulai perjuangannya.Seorang arief berkata: Siapa yg menyangka bahwa ia akan dapat sampai kepada Allah dengan perantaraan sesuatu selain Allah pasti akan putus karenanya. Dan siapa dalam ibadahnya bersandar pada kekuatan dirinya diserahkan oleh Allah kepada kekuatan dirinya.Yakni, hanya sampai di situ saja dan tidak dapat mencapai bahagia-bahagia yg hanya dapat dicapai dengan tawakkal menyandarkan diri kepada Allah.

قال المصنف رحمه الله تعالی: من أشرقت بدايته أشرقت نهايته. ٣٥

Siapa yg terang (makmur) waktunya dengan ta'at di masa salik (permulaannya) pasti akan terang pula dimasa akhirnya (sampainya) dengan cahaya nur ma'rifat.Siapa yg kuat tawakkalnya dimasa bidayah (permulaan)maka akan terang terus hingga masa sampainya ke hadirat Tuhannya.

قال المصنف رحمه الله تعالی: مااستودع فی غيب السرائرظهرفی شهادةالظواهر. ٣٦36)

Apa yg tersembunyi dalam rahasia ghaibyaitu yg berupa nur Ilahi dan ma'rifat pasti akan tampak bekas (pengaruhnya) pada anggota lahir.Abu Hafash berkata: Bagusnya adab kesopanan lahir membuktikan adanya adab yg di dalam batin.Rasulullah saw. ketika melihat seorang yg main-main tangannya ketika sembahyang, maka Rasulullah saw.bersabda:
لوخشع قلبه لخشعت جوارحه

Andaikan khusuk hati orang itu niscaya khusuk semua anggota badannya.Abu Thalib Almakky berkata: Allah telah menunjukkan tanda bukti seorang kafir yaitu bila disebut nama Allah saja mereka mengejek dan enggan tidak mau menerima.Firman Allah:

وإذاذكرالله وحده اشمأزت قلوب الذين لا يؤمنون بالأخرةوإذاذكرالذين من دونه إذاهم يستبشرون.

Apabila disebut nama Allah saja (sendiri), cemas dan muak hati orang-orang yg tidak percaya kepada akherat,sebaliknya bila disebut nama-nama selain nama Allah,mereka gembira,menerima dan puas.Di dalam ayat ini Allah menyatakan sendiri perbedaan antara jiwa orang mu'min yg merasa puas jika dikatakan kepadanya. Ini dari Allah, sedang orang kafir tidak merasa puas bahkan keberatan kepadanya sesuatu yg terjadi semata-mata karena kekuasaan dan kehendak Allah.Dan ini pula merupakan perbedaan antara iman tauhid dengan syirik.
والله اعلم بالصواب
MUNAJAT:
الهی كم من طاعةبنيتهاوحالةشيدتهاهدم اعتمادی عليهاعدلك بل أقالنی منهافضلك

Tuhanku,berapa banyak taat yg telah aku lakukan dan keadaan yg telah saya perbaiki,tiba-tiba harapanku kepadaNya digagalkan oleh keadilanMu,bahkan aku telah digeserkan oleh kurniaMu daripada bergantung nasib kepada amal perbuatan lahir batin itu. الفاتحة

Tidak ada komentar:

Posting Komentar