Oleh Jubir Matas pada 21 Juni 2015 pukul 11:15
Imam Ibnu Ishaq
9 Desember 2014
ASSALAMUALAYKUM WRB.
Bgmn hkmx menjual susux manusia?
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum Bgmn hkmx menjual susux manusia.yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Imam Ibnu Ishaq
kesimpulannya sebagai berikut :
Di jawab Oleh : Al-Ustadah @Syekh Azmat Khan
Menurut MALIKIYYAH, SYAFI'IYYAH dan pendapat yang paling shahih dikalangan HANABILAH menghukumi BOLEH Sedang menurut MALIKIYYAH menyatakan TIDAK BOLEH
Dan sah hukumnya menjual air susu wanita karena ia suci dan dapat diambil manfaatnya maka hukumnya menyerupai susu kambing, juga sama bolehnya menjual air susu laki-laki karena memandang kesuciannya dan yang demikian adalah pendapat yang dapat dijadikan pegangan. Mughni al-Muhtaaj II/12
CABANG Menjual air susu wanita boleh menurut kami (Syafi’iyyah) tidak makruh sama sekali dan ini pendapat yang dijadikan madzhab dan menjadi keputusan pengikut-pengikut syafi’iyyah kecuali menurut al-Mawardi, as-Saasyi dan ar-Royyaani yang menurut mereka dengan mengutip pendapat Abu Qasim menyatakan bahwa air susu adalah najis yang tidak dapat diperjual belikan dan diberikan pada bayi kecil karena ada kepentingan…. Dst
Abu Hanifah dan Imam Malik menyatakan tidak boleh sedang menurut Imam Ahmad terdapat dua pendapat Al-Majmuu’ Syarh al-Muhadzdzab IX/254
JUAL BELI ASI Kalangan Malikiyyah dan Syafi’iyyah dan pendapat yang paling shahih dikalangan hanabilah menyatakan bolehnya jual beli ASI karena : * Suci * Dapat diambil manfaatnya * ASI boleh diminum maka boleh untuk dijual dengan mengqiyaskan hukumnya pada susu-susu binatang ternak lainnya * Boleh menarik bea atas jasa menyusui anak orang
Menurut Hanafiyyah jual beli ASI hukumnya tidak boleh, ini juga sebuah pendapat yang terdapat dikalangan Hanabilah karena ASI bukan tergolong jenis harta yang dapat diperjual belikan berdasarkan IJMA’ para shahabat Nabi ra. Dan berdasarkan logika. Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 35/199
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU
MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )
PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya
EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolommusawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/399732373521071
9 Desember 2014
ASSALAMUALAYKUM WRB.
Bgmn hkmx menjual susux manusia?
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum Bgmn hkmx menjual susux manusia.yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Imam Ibnu Ishaq
kesimpulannya sebagai berikut :
Di jawab Oleh : Al-Ustadah @Syekh Azmat Khan
Menurut MALIKIYYAH, SYAFI'IYYAH dan pendapat yang paling shahih dikalangan HANABILAH menghukumi BOLEH Sedang menurut MALIKIYYAH menyatakan TIDAK BOLEH
ويصح بيع لبن الآدميات لأنه طاهر منتفع به فأشبه لبن الشياه ومثله لبن الآدميين بناء على طهارته وهو المعتمد كما مر في باب النجاسة
Dan sah hukumnya menjual air susu wanita karena ia suci dan dapat diambil manfaatnya maka hukumnya menyerupai susu kambing, juga sama bolehnya menjual air susu laki-laki karena memandang kesuciannya dan yang demikian adalah pendapat yang dapat dijadikan pegangan. Mughni al-Muhtaaj II/12
(فرع) بيع لبن الآدميات جائز عندنا لا كراهة فيه هذا المذهب وقطع به الاصحاب الا الماوردى والساشى والرويانى فحكوا وجها شاذا عن أبى القاسم الانماطى من اصحابنا أنه نجس لا يجوز بيعه وانما يربى به الصغير للحاجة وهذا الوجه غلط من قائله وقد سبق بيانه في باب إزالة النجاسة فالصواب جواز بيعه قال الشيخ أبو حامد هكذا قاله الاصحاب قال ولا نص للشافعي في المسألة هذا مذهبنا * وقال ابو حنيفة ومالك لا يجوز بيعه وعن أحمد روايتان كالمذهبين
CABANG Menjual air susu wanita boleh menurut kami (Syafi’iyyah) tidak makruh sama sekali dan ini pendapat yang dijadikan madzhab dan menjadi keputusan pengikut-pengikut syafi’iyyah kecuali menurut al-Mawardi, as-Saasyi dan ar-Royyaani yang menurut mereka dengan mengutip pendapat Abu Qasim menyatakan bahwa air susu adalah najis yang tidak dapat diperjual belikan dan diberikan pada bayi kecil karena ada kepentingan…. Dst
Abu Hanifah dan Imam Malik menyatakan tidak boleh sedang menurut Imam Ahmad terdapat dua pendapat Al-Majmuu’ Syarh al-Muhadzdzab IX/254
بَيْعُ لَبَنِ الآْدَمِيِّ : 11 - ذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ وَهُوَ الأَْصَحُّ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ إِلَى جَوَازِ بَيْعِ لَبَنِ الآْدَمِيَّةِ إِذَا حُلِبَ ، لأَِنَّهُ لَبَنٌ طَاهِرٌ مُنْتَفَعٌ بِهِ ، وَلأَِنَّهُ لَبَنٌ أُبِيحَ شُرْبُهُ ، فَأُبِيحَ بَيْعُهُ قِيَاسًا عَلَى سَائِرِ الأَْنْعَامِ ، وَلأَِنَّهُ يَجُوزُ أَخْذُ الْعِوَضِ عَنْهُ فِي إِجَارَةِ الظِّئْرِ ، فَأَشْبَهَ الْمَنَافِعَ . وَلاَ يَجُوزُ بَيْعُهُ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ وَهُوَ قَوْل جَمَاعَةٍ مِنَ الْحَنَابِلَةِ ، لأَِنَّ اللَّبَنَ لَيْسَ بِمَالٍ فَلاَ يَجُوزُ بَيْعُهُ ، وَالدَّلِيل عَلَى أَنَّهُ لَيْسَ بِمَالٍ إِجْمَاعُ الصَّحَابَةِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَالْمَعْقُول ، __________ (1) بدائع الصنائع 5 / 145 ، والفروق للقرافي وتهذيبه 3 / 240 - 241 ، ونهاية المحتاج 1 / 227 ، والمغني 4 / 288 . (2) بدائع الصنائع 5 / 145 .
JUAL BELI ASI Kalangan Malikiyyah dan Syafi’iyyah dan pendapat yang paling shahih dikalangan hanabilah menyatakan bolehnya jual beli ASI karena : * Suci * Dapat diambil manfaatnya * ASI boleh diminum maka boleh untuk dijual dengan mengqiyaskan hukumnya pada susu-susu binatang ternak lainnya * Boleh menarik bea atas jasa menyusui anak orang
Menurut Hanafiyyah jual beli ASI hukumnya tidak boleh, ini juga sebuah pendapat yang terdapat dikalangan Hanabilah karena ASI bukan tergolong jenis harta yang dapat diperjual belikan berdasarkan IJMA’ para shahabat Nabi ra. Dan berdasarkan logika. Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 35/199
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU
MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )
PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya
EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolommusawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/399732373521071
Link documen :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar