Rabu, 09 September 2015
doc.matas.311.HUKUM TENTANG WAKTU SHOLAT TAHAJJUD
Iman Ibnu Hajar3
Juni pukul 14:22
Assalaamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.Ibnu bertanya Lagi Asaatidz & Asaatidzah.Apakah Sholat Tahajjud Syaratnya Harus Tidur dahulu...?Jika Tidak Tidur Dulu tapi Mau Sholat Tahajjud Apakah Tetap di namakan sholat Tahajjud meskipun kita niat sholat Tahajjud...?Syukron....Assalaamu'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum solat tahaajut tidk tidur dulu yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara iman ibnu hajarkesimpulannya sebagai berikut :
Di jawab Oleh : Al-Ustad @方安
ﻗﻮﻟﻪ : ﺑﻌﺪ ﻧﻮﻡ ﺃﻱ ﻭﺑﻌﺪ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ . ﺛﻢ ﺭﺃﻳﺖ ﻓﻲ ﺳﻢ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺞ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ : ﻓﺮﻉ : ﻳﺪﺧﻞ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﺘﻬﺠﺪ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻭﻓﻌﻠﻬﺎ ، ﻭﻻ ﻳﻜﻔﻲ ﺩﺧﻮﻝ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﻳﻮﻫﻤﻪ ﻛﻼﻡ ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﻛﺘﺒﻪ ، ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺃﻳﻀﺎ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻌﺪ ﻧﻮﻡ ﻓﻬﻮ ﻛﺎﻟﻮﺗﺮ ﻓﻲ ﺗﻮﻗﻔﻪ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻭﻟﻮ ﺟﻤﻊ ﺗﻘﺪﻳﻢ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ، ﻭﻳﺰﻳﺪ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺎﺷﺘﺮﺍﻁ ﻛﻮﻧﻪ ﺑﻌﺪ ﻧﻮﻡ
Waktu Sholat Tahajjud Yaitu Dengan Masuk Nya Waktu Sholat Isya' Dan Setelah Melakukan Sholat Isya' Seperti Hal Nya Sholat Witir Harus Di Lakukan Setelah Sholat Isya Dan Di Syaratkan Dalam Sholat Tahajjud Harus Di Lakukan Sehabis Tidur
Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Sultoni Arobbi
Salah satu syarat salat tahajjud adalah harus dilakukan setelah bangun tidur. Dan yang paling utama dilakukan pada waktu sepertiga malam yang terakhir yaitu antara jam 01.00 sampai menjelang subuh.
DASAR HUKUM FIQH
1. Imam Ramli (Muhammad bin Syihabuddin Ar-Romli) dalam Nihayatul Muhtaj (نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج) mengatakan:
( ويسن ) ( التهجد ) بالإجماع لقوله تعالى { ومن الليل فتهجد به نافلة لك } ولمواظبته صلى الله عليه وسلم وهو التنفل ليلا بعد نوم
Salat tahajud disunnahkan secara ijmak (kesepakatan semua ulama fiqh) berdasar pada (a) firman Allah surat Al-Isra 17:79 dan (b) perbuatan Nabi. Tahajud adalah salat sunnah pada malam hari setelah bangun dari tidur.
2. Ahli fiqh Mansur bin Yunus Al Bahuti menyatakan dalam kitabny
كَشّافُ القَناعِ عَنْ مَتْنِ الإِقْناع bahwa:
وأكثر الواصفين لتهجده صلى الله عليه وسلم اقتصروا على إحدى عشرة ركعة وذلك هو الوتر وتقدم في صلاة التطوع أن التهجد بعد نوم وعليه فإن نام ثم أوتر فتهجد ووتر وإن أوتر قبل أن ينام فوتر لا تهجد .
Artinya: kebanyakan ulama yang menggambarkan salat tahajjudnya Rasulullah menyimpulkan bahwa salat malamnya Nabi sebanyak 11 raka'at yakni salat witir. Dan sudah diterangkan dalam bab salat sunnah bahwa salat tahajjud dilakukan setelah tidur.
Oleh karena itu, apabila seseorang tidur kemudian bangun untuk salat witir, maka hukum salatnya adalah salat witir dan salat tahajjud. Apabila seseorang melakukan salat witir sebelum tidur, maka disebut salat witir saja. Bukan salat tahajjud.
sumber :http://www.alkhoirot.net/2011/12/shalat-tahajud.html
========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU
MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )
PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya
EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
kolom musawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/484126078415033/
Link documen :
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas311hukum-tentang-waktu-sholat-tahajjud/492611934233114/?refid=18
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar