Selasa, 08 September 2015

doc.matas.300.HUKUM KAIN KAFAN DITULIS AYAT AL-QURAN DENGAN SPIDOL



Ach Alfaroby
14 Mei pukul 20:52
asslamualaikum wr wb mhn mf sblmya kpd pra guru sesepuh dan tmen2 mts smua ada titipn prtyaan dri sdra mh fauzi@ blehkah kain kafan yg dpke membugkus jnazeh it dtulis klimat2 al qur an dtulis dgn spidol/snoman? mhn pnjlsnya trmksh wsslamualaikum wr wb

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum menulis ayat alquran di kain kafan yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Ach Alfaroby
kesimpulannya sebagai berikut :

Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Mbah Jibril Izroil

Menulis ayat Al-Qur’an dan Asma Allah yang mulia di kain kafan yang nantinya akan bercampur dengan nanah mayat setelah hancur dan membusuk itu haram hukumnya. Syekh Muhammad bin Ahmad al-Khotib al-Syarbini menegaskan, “Makruh menulis ayat Al-Qur’an di atas kuburan, berbeda hukumnya kalau menuliskan Al-Qur’an di kain kafan maka itu haram karena akan bercampur dengan nanah.” (Bujairimi ‘alal Khotib : 2/263). Begitu juga Sayyid Abu Bakar bin Muhammad Syatho al-Dimyathi menambahkan, “Haram menulis sesuatu Al-Qur’an dan Asma Allah di kain kafan.” (I’anatut tholibin : 2/131)

Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Abdul Gafur

ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦﻭﻳﺤﺮﻡ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺷﺊ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥﻭﺍﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰﺍﻟﻜﻔﻦ.
_____________________________

ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺇﻋﺎﻧﺔ( ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺷﺊ ﻣﻦﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺇﻟﺦ ( ﻓﻲ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﺑﻦﺣﺠﺮ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ:)ﺳﺌﻞ ( ﺭﺿﻲﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻌﻬﺪ ﻋﻠﻰﺍﻟﻜﻔﻦ، ﻭﻫﻮ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ.ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚﻟﻪ، ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻭﻟﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ.ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ.ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ.ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻧﻪ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻓﺎﻃﺮﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻭﺍﻻﺭﺽ، ﻋﺎﻟﻢﺍﻟﻐﻴﺐ ﻭﺍﻟﺸﻬﺎﺩﺓ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦﺍﻟﺮﺣﻴﻢ، ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻬﺪ ﺇﻟﻴﻚ ﻓﻲﻫﺬﻩ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ، ﺇﻧﻲ ﺃﺷﻬﺪﺃﻧﻚ ﺃﻧﺖ ﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺃﻧﺖﻭﺣﺪﻙ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻚ، ﻭﺃﻥﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻙ ﻭﺭﺳﻮﻟﻚ )ﺹ (، ﻓﻼ ﺗﻜﻠﻨﻲ ﺇﻟﻰ ﻧﻔﺴﻲ، ﻓﺈﻧﻚﺇﻥ ﺗﻜﻠﻨﻲ ﺇﻟﻰ ﻧﻔﺴﻲ ﺗﻘﺮﺑﻨﻲﻣﻦ ﺍﻟﺸﺮ، ﻭﺗﺒﻌﺪﻧﻲ ﻣﻦﺍﻟﺨﻴﺮ، ﻭﺇﻧﻲ ﻻ ﺃﺛﻖ ﺇﻻﺑﺮﺣﻤﺘﻚ، ﻓﺎﺟﻌﻞ ﻟﻲ ﻋﻬﺪﺍﻋﻨﺪﻙ ﺗﻮﻓﻨﻴﻪ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ، ﺇﻧﻚﻻ ﺗﺨﻠﻒ ﺍﻟﻤﻴﻌﺎﺩ .ﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ؟ ﻭﻟﺬﻟﻚ ﺃﺻﻞ ﺃﻡﻻ ؟ )ﻓﺄﺟﺎﺏ ( ﺑﻘﻮﻟﻪ: ﻧﻘﻞﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻦ ﻧﻮﺍﺩﺭ ﺍﻻﺻﻮﻝﻟﻠﺘﺮﻣﺬﻱ ﻣﺎ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻥ ﻫﺬﺍﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺃﺻﻞ، ﻭﺃﻥ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪﺍﺑﻦ ﻋﺠﻴﻞ ﻛﺎﻥ ﻳﺄﻣﺮ ﺑﻪ، ﺛﻢﺃﻓﺘﻰ ﺑﺠﻮﺍﺯ ﻛﺘﺎﺑﺘﻪ ﻗﻴﺎﺳﺎ ﻋﻠﻰﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻧﻌﻢ ﺍﻟﺰﻛﺎﺓ.ﻭﺃﻗﺮﻩ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﺄﻧﻪ ﻗﻴﻞﺑﻄﻠﺐ ﻓﻌﻠﻪ ﻟﻐﺮﺽ ﺻﺤﻴﺢﻣﻘﺼﻮﺩ، ﻓﺄﺑﻴﺢ، ﻭﺇﻥ ﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪﻳﺼﻴﺒﻪ ﻧﺠﺎﺳﺔ.ﻭﻓﻴﻪ ﻧﻈﺮ.ﻭﻗﺪ ﺃﻓﺘﻰ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﺑﺄﻧﻪ ﻻﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻜﺘﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﻔﻦﻳﺲ ﻭﺍﻟﻜﻬﻒ ﻭﻧﺤﻮﻫﻤﺎ، ﺧﻮﻓﺎﻣﻦ ﺻﺪﻳﺪ ﺍﻟﻤﻴﺖ، ﻭﺳﻴﻼﻥ ﻣﺎﻓﻴﻪ.ﻭﻗﻴﺎﺳﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻓﻲ ﻧﻌﻢﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻣﻤﻨﻮﻉ، ﻻﻥ ﺍﻟﻘﺼﺪﺛﻢ ﺍﻟﺘﻤﻴﻴﺰ ﻻ ﺍﻟﺘﺒﺮﻙ، ﻭﻫﻨﺎﺍﻟﻘﺼﺪ ﺍﻟﺘﺒﺮﻙ، ﻓﺎﻻﺳﻤﺎﺀﺍﻟﻤﻌﻈﻤﺔ ﺑﺎﻗﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﻟﻬﺎ،ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺗﻌﺮﻳﻀﻬﺎ ﻟﻠﻨﺠﺎﺳﺔ.ﻭﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺄﻧﻪ ﻗﻴﻞ ﺑﻄﻠﺐ ﻓﻌﻠﻪﺇﻟﺦ، ﻣﺮﺩﻭﺩ، ﻻﻥ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ ﻻﻳﺤﺘﺞ ﺑﻪ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﺗﻈﻬﺮﺍﻟﺤﺠﺔ ﻟﻮ ﺻﺢ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ)ﺹ ( ﻃﻠﺐ ﺫﻟﻚ، ﻭﻟﻴﺲﻛﺬﻟﻚ .ﺍﻩ.( ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﺍﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ (ﺃﻱ ﻭﻛﻞ ﺍﺳﻢ ﻣﻌﻈﻢﻛﺄﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﻭﺍﻻﻧﺒﻴﺎﺀ.( ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﻔﻦ ( ﻣﺘﻌﻠﻖﺑﻜﺘﺎﺑﻪ.

NB:Jika tulisan trsebut tidk membekas maka tidak apa apa pendapt ini di di nuikl dari ket pengarang fathul muin Asy-Syekh Zainuddin bin abdul Aziz Al-Malibari misal denagan air ludah atau air sejenisnya yg penting suci…….


========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolom musawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/
471872806307027/
Link documen :
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas300hukum-kain-kafan-ditulis-ayat-al-quran-dengan-spidol/488044998023141/?refid=18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar