Jumat, 04 September 2015

DOC.128 .KAJIAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM KEDUA PULUH ENAM


KAJIAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM KEDUA PULUH ENAM

Lutfi Jaya
1 Agustus pukul 6:42
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.
LANJUTAN KAJIAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM FASAL VI فى بداية السبق وقدره وترتيبه
• Usaha Memahami Pelajaran
وينبغى أن يجتهد فى الفهم عن الأستاذ بالتأمل وبالتفكر وكثرة التكرار، فإنه إذا قل السبق وكثرة التكرار والتأمل يدرك ويفهم. قيل: حفظ حرفين، خير من سماع وقرين، وفهم حرفين خير من حفظ سطرين. وإذا تهاون فى الفهم ولم يجتهد مرة أو مرتين يعتاد ذلك فلا يفهم الكلام اليسير
Pelajar hendaknya mencurahkan kemampuannya dalam memahami pelajaran dari sang guru, atau boleh juga dengan cara diangan-angan sendiri, di fikir-fikir dan sering diulang-ulang sendiri. Karena bila pelajaran yang baru itu hanya sedikit dan sering diulang-ulang sendiri, akhirnyapun dapat dimengerti. Orang berkata : "Hafal dua huruf lebih bagus daripada mendengarkan saja dua batas pelajaran. Dan memahami dua huruf lebih baik daripada menghapal dua batas pelajaran. Apabila seseorang telah pernah satu atau dua kali mengabaikan dan tidak mau berusaha, maka menjadi terbisakan, dan menjadi tidak bisa memahami kalimat yang tidak panjang sekalipun.
• Berdo'a
فينبغى أن لا يتهاون فى الفهم بل يجتهد ويدعو الله ويتضرع إليه فإنه يجيب من دعاه، ولا يخيب من رجاه. وأنشدنا الشيخ الأجل قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء للقاضى الخليل بن أحمد الشجرى فى ذلك شعرا:
أخدم العلم خدمـــــــة المستفيد وأدم درسه بفعل حـــــــميد
وإذا مـــــــا حفظت شيئا أعده ثم أكده غاية التأكــــــــــــيد
كى لا يزول ثم علقه كى تعود إليه وإلى درسه على التأبيد
فإذا ما أمنت مــــــــــــنه فواتا فانتدب بعده لشيئ جــــــديد
مع تكرار ما تقدم مــــــــــــنه واقتناء لشأن هـــــذا المـزيد
ذاكــــــــر الناس بالعلوم لتحيا لا تكن من أولى النهى ببعيد
إذا كتمت العلوم أنسيت حــتى لا ترى غير جـــــاهل وبليد
ثم ألجمت فـــــــى القيامة نارا وتلهبت بالعـــــــذاب الشديد
Hendaknya pula, dengan sungguh-sungguh memanjatkan do'a kepada Allah dan meratap serta meronta. Allah pasti mengabulkan do'a yang di mohonkan, dan tidak mengabaikan orang yang mengharapkan.
Sya'ir Imlak Al-Qadli Al-Khalil Asy-Syajarzi dibawakan kepada kami oleh guru kami syaikh Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin ismail As-Shaffar, sebagai berikut : • Abdilah ilmu, bagaikan anda seorang abdi Pelajari selalu, dengan berbuat sopan terpuji • yang telah kau hafal, ulangi lagi berkali-kali lalu tambatkan dengan temali kuat sekali • Lalu catatlah, agar kau bisa mengulangi lagi Dan selamanya, ku bisa mempelajari • Jikalau engkau, telah percaya tak kan lupa Ilmu yang baru, sesudah itu masuki segera • Mengulang-ulang, ilmu yang dulu, jangan terlalai Dan bersungguhan, agar yang ini, kan menambahi • Percakapilah mereka, agar ilmumu hidup selalu Jangan menjauh, dari siap berakal maju • Bila ilmu, kau sembunyikan jadi membeku Kau kan kenal, jadi si bodoh yang tolol dungu • Api neraka kan membelenggumu nanti kiamat Siksa yang pedihpun menimpamu menjilat-jilat
Demikian semoga bermanfaat amin. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar