Kamis, 03 September 2015

DOC.103.HUKUM MAKAN PAKEK TANGAN KIRI


HUKUM MAKAN PAKEK TANGAN KIRI

Oleh Lutfi Jaya pada 11 April 2014 pukul 11:42


Lanceng Bujur Madureh
31 Maret pukul 2:29
Assalamualaykum. Ustad.. Ijin Bertanya Pak Ustad. Bagaimana Hukumnya Makan Dengan Menggunakan Tangan Kiri. Seperti Kebiasaan Orang Yang Makan Pakai Sendok Dan Garpu, Sendok Di Tangan Kanan, Garpu Ditangan Kiri. Sekian Terima Kasih.

jawaban :

Bunga Mawar Dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah riwayat,

« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».

"Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula." (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

adab makan memang salah satunya adalah sunnah menggunakan tangan kanan dan makruh pakai tangan kiri, namun bila makan atau minum tsb terpaksa memakai tangan kiri karena udzur spt sakit atau kidal maka tidak makruh :

https;//www.islamqa.info/ar/ref/3020
 مشكلة التعوّد على الأكل باليد اليسرى
وقد جاء عن حفصة رضي الله عنها زَوْج النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَجْعَلُ يَمِينَهُ لِطَعَامِهِ وَشَرَابِهِ وَثِيَابِهِ وَيَجْعَلُ شِمَالَهُ لِمَا سِوَى ذَلِكَ . "   رواه أبو داود رقم 30 قال النووي رحمه الله : هذه قاعدة مستمرة…

وقد يكون في بعض الناس علة حقيقية تمنع إستعمال اليد اليمنى كإصابتها بالشلل و نحوه فعند ذلك يكون الشخص معذورا ولا جرح عليه قال النووي رحمه الله فإن كان عذر يمنع الأكل والشرب باليمين من مرض أو جراحة أو غير ذلك فلا كراهة.



Tahkim Matas
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM. Setelah beberapa waktu musyawarah ini berjalan dan sudah cukup jelas jawaban dari saudara saudari ustadz dan ustadzah bahwa masalah makan dengan menggunakan tangan kiri itu merupakan hal yang sangat dilarang oleh baginda nabiMUHAMMAD karena telah menyerupai cara makannya syaithan. Sesuai dengan hadist hadist shoheich beliau. Begitu juga sebaliknya sangat dianjurkan makan menggunakan tangan kanan sebagaimana hadist hadist diatas. Dengan ini kami memutuskan bahwa: 1-sunnah menggunakan tangan kanan, saat kita makan, minum, memberi, dan saat menerima. 2-makruh menggunakan tangan kiri dalam beberapa hal diatas. Kecuali bagi orang orang yang buntung tangan kanannya atau tidak bisa menggunakan tangan kanannya karena sedang menderita penyakit pada tangan kanannya. Sekian yang dapat kami simpulkan semoga bermanfa'at WALLAHU A'LAMU BIS-SHAWAB.


===================

DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )
PENELITI :
(1). Mhisyam Abbrori.
(2). Ach al faroby
(3). Ustadz Sultoni Arobbi
(4). Usatad atama paya
(5). Ustadz Abu haidar
(6). Ustadz Abdul Ghafur Masykur
( 7). Ustad 方安 .
(8). Ustad Lutfijaya
(9). Ustadzah Naila Mazaya
(10). Ustadzah Ema Riffah Mc

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar