Jumat, 11 September 2015

doc.matas.469.KAJIAN KITAB FATHUL QARIB BAGIAN KE 40 ( فصل وتقوم عروض التجارة )




Lutfi Jaya
28 Agustus pukul 3:01

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
KAJIAN KITAB FATHUL QARIB BAGIAN KE 40
بسم الله الرحمن الرحيم

فصل
وتقوم عروض التجارة عند اخر الحول بما اشتريت به ويخرج من ذلك ربع العشر وما استخرج من معادن الذهب والفضة يخرج منه ربع العشر فى الحال وما يوجد من الركاز ففيه الخمس

Dalam pasal ini diterangkan tentang harta niaga atau barang dagangan. Harta dagangan hendaklah dihitung sewaktu mencapai satu tahun, seharga belanja ( barang-barang yang di beli , baik yg sudah mencapai satu nishab atau belum, kalau telah mencapai haul dan nishabnya, maka zakatnya wajib dikeluarkan, tapi kalau belum mencapai keduanya, misal belum mencapai 1 nishab maka tidak wajib mengeluarkan zakat.

Zakat harta niaga yang di keluarkan adalah seperempat dari seperpuluh (2 setengah persen )itu kalau telah mencapai nishab.

Adapun barang tambang seperti emas dan perak, maka kalau telah mencapai 1 nishab, zakat yang wajib di keluarkandengan segera 2 setengah%.

Dan Sesuatu yg diperoleh dari rikaz ( barang peninggalan purba yg di tanam oleh jaman jahiliyah ) maka zakat yg harus di keluarkan seperlimanya (20%) pelaksanaanya tdk jauh beda dengan pengeluaran zakat, ini merupakan pendapat yg populer.

Demikian semoga bermanfaat amin.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

untuk mengetahui lebih jelas silahkan klik link berikut : https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/525150044312636/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar