Jumat, 11 September 2015

doc.matas.443.KAJIAN KITAB DALILUNNISA' BAGIAN KE 31 ( Lanjutan Larangan haid )





Lutfi Jaya
9 Agustus pukul 13:49

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
KAJIAN KITAB DALILUNNISA' BAGIAN KE 31
بسم الله الرحمن الرحيم

Lanjutan Larangan haid

واما كتب التفسير والفقه فإن كان القرأن فيها اكثر من غيره حرم مسها وحملها وان كان غيره اكثر كما هوالغالب ففيه ثلاثة اوجه اصحها لا يحرم والثانى يحرم والثالث اذا كان القرأن بخط متميز بلفظ اي باجتماع اوخمرة ونحوها حرم وانلم يتميز لم يحرم قال صاحب التتمة من اصحابنا اذا قلنا لا يحرم فهو مكروه

Adapun beberapa kitab tafsir dan kitab fiqih apabila yulisan al-qur'an itu lebih banyak dari pada tulisan selain al-Qur'annya, maka haram memegang dan membawanya, Apabila tulisan selain al-Qur'an itu lebih banyak dari pada al-Qur'annya, maka ada tiga pendapata. Tidak haram ( tapi makruh ) menurut qoul ashoh.b. Haram c. Apabila al-Qur'an memakai tulisan yg beda dengan tilisan selain al-Qur'an atau ayat al-Qur'an ditulis dengan tinta warna merah atau selain merah, maka memegang al-Qur'an hukumnya haram.

Apabila tulisan tidak beda, maka tidak haram memegangnya menurut pendapat shahibut tatimma ( yg mana beliau termasuk kelompok assyafi'iyah ). Sedangkan yang dikehendaki tidak haram diatas adalah hukumnya makruh.

واما كتب الحديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فان لم يكن فيها ايات من القرأن فلا يحرم مسها والاولى ان يمس على طهارة وان كان فيها ايات فلا يحرم على المذهب بل يكره

Adapun kitab-kitab hadist apabila tidak ada ayat al-Qur'annya, maka tidak haram memegangnya. Apabila ada ayat al-Qur'annya, maka hukumnya makruh sedangkan yang lebih utama yaitu memegangnya dalam keadaan suci.

Demikian semoga bermanfaat dan barokah amin
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar