Jumat, 11 September 2015

doc.matas.440. KIJIAN AL-HIKAM BAGIAN KE 45



KAJIAN KITAN HIKAM BAGIAN KE 45
بسم الله الرحمن الرحيم

Sebaik -baik saat dalam masa hidupmu, ialah saat ingat kepada Tuhan dan putus hubungan dengan segala sesuatu yg lainnya.yaitu pada saat merasakan benar-benar kebutuhanmu kepada Tuhan. sedang segala sesuatu yg lain tidak dapat menolong meringankan kebutuhanmu. dan pada saat tidak ada pandangan yg lain dari Allah, maka pada saat itu murnilah pengertian tauhidmu kepada Allah.
قال المصنف رحمه الله تعالی; متی اوحشك من خلقه فاعلم انه يريدان يفتح لك باب الانس به ١١١
Apabila Allah telah menjemukan engkau dari makhluk, maka ketahuilah bahwa Allah akan membukukan untukmu perasaan jinak, dan senang kepada Allah.Apabila engkau telah merasa jemu kepada makhluk, karena merasa bahwa mereka tidak bermanfaat bagimu, bahkan ada kalanya membawa madharat/bahaya bagimu, maka disaat yg demikian engkau merasa jinak senang kepada Allah.Riwayat Abu Yazid Al-Busthamy ketika ia diperlihatka oleh Allah alam malakut, kemudian ditanya: Adakah sesuatu yg menyenangkan engkau? jawabnya: tidak. maka dikatakan kepadanya: engkau hamba Allah yg sesungguhnya.
قال المصنف رحمه الله تعالی; متی اطلق لسانك بالطلب فاعلم انه يريد ان يعطيك ١١٢
Apabila Allah telah melepaskan lidahmu untuk meminta, maka ketahuilah bahwa Allah akan memberi kepadamu.
112

Abdullah bin Umar ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Siapa yg telah mendapat izin untuk berdoa, berarti telah dibukakan baginya pintu rahmat, dan tiada dimintai sesuatu yg lebih disukai oleh Allah daripada dimintai maaf dan selamat dunia akhirat.lain hadist: Rasulullah saw. bersabda: Siapa yg telah diberi kesempatan berdoa, maka tidak akan diharamkan dari ijabah (diterimanya doa). Anas bin malik ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Apabila Allah kasih sayang pada seorang hamba, maka dituangkan kepadanya bala', maka bila ia berdoa, berkata malaikat: suara yg sudah terkenal.
Dan berkata jibril: Tuhanku, hambaMu Fulan, sampaikan hajatnya. jawab Allah l: biarkan hambaKu, Aku suka mendengar suaranya. maka apabila hamba berkata: Ya Rabby. jawab Tuhan: Labbaika hambaKu, tiada engkau berdoa melainkan Aku sambut, dan tiada engkau minta suatu melainkan pasti Aku berikan, imma (ada kalanya) Aku segerakan untukmu, atau Aku simpan untukmu yg lebih baik bagimu, atau Aku tolak daripadamu bala' yg lebih besar dari itu. والله اعلم بالصواب الفاتحة

Tidak ada komentar:

Posting Komentar