KAJIAN KITAB AL-HIKAM BAGIAN 36.
BAB ISTIQAMAH DALAM WIRID TANDA KURNIA BESAR:
بسم الله الرحمن الرحيم
قال المصنف رحمه الله تعالی: إذارأيت عبداأقامه الله تعالی بوجودالأورادوأدامه عليهامع طول الأمدادفلاتستحقرن مامنح مولاه لأنك لم ترعليه سيماالعارفين ولابهجةالمحبين فلو لا واردماكان ورد. ٧٧
jika kau melihat seorang yg ditetapkan oleh Allah dalam menjaga wiridnya, dan sampai lama tidak juga menerima kurnia (keistimewaan) dari Allah, maka jangan kau remehkan pemberian Tuhan kepadanya, karena belum terlihat padanya tanda orang arif, atau keindahan orang cinta kepada Allah, sebab sekiranya tidak ada warid (kurnia Allah) maka tidak mungkin adanya wirid.
Hamba Allah yg mendapat keistimewaan dari Allah ada dua macam: Abraar dam muqarrabin. Adapun hamba yg muqarrabin itu maka mereka yg telah dibebaskan dari kepentingan dunia yg hanya sibuk menunaikan ibadah kepada Tuhan, karena merasa sebagai hamba yg mengharapkan keridhaan Allah semata-mata dan mereka ini yg disebut aarifin, muhibbin. Adapun orang Abraar, meraka yg masih merasa banyak kepentingan didunia, disamping kewajiban-kewajiban taat ibadah kepada Allah, da mereka yg dinamakan orang zahid aabid, dan masing-masing mendapat kurnia semdiri-sendiri didalam tingkat drajatnya yg langsung dari Allah taala.Sebenarnya seorang yg mendapat taufiq hidayah dari Allah sehingga istiqamah dalam menjalankan suatu wirid (kelakuan taat/ibadah) berarti telah mendapat kurnia dan rahmat yg besar sekali, sebab ia berarti telah diberi kunci oleh Allah untuk membuka dan menghasilkan lain-lain karunia kebesaran Allah.
قال المصنف رحمه الله تعالی: قوم أقامهم الحق لخدمته وقوم إختصهم بمحبته, كلانمدهؤلاءوهؤلاءمن عطاءربك وماكان عطاءربك محظورا. ٧٨
Ada kaum yg oleh Allah didudukkan dalam ibadah semata-mata dan ada kaum yg diistimewakan oleh Allah dengan kecintaanNya. untuk masing-masing Kami (Allah) memberi kurnia dan pemberian -pemberian dan pemberian Tuhanmu tidak terbatas.
Allah sendiri yg memilih hambanya, maka ada yg dipilih untuk melaksanakan ibadah yg lahir ialah mereka para aabidin dan zahid, dan ada pula yg dipilih oleh Allah untuk kesayangan (kekasih) Allah dan mereka ini orang-orang aarif muhibbin yg tidak ada tempat dalam hati mereka kecuali dzikrullah semara-mata. menganggap dunia ini kosong tidak ada apa-apa kecuali Allah yg menciptakan dan melaksanakan segala sesuatunya.
قال المصنف رحمه الله تعالی: قلماتكون الواردات الإلهية إلابغتةلئلايدعيهاالعبادبوجودالإستعداد. ٧٩
jarang sekali terjadi kurnia besar dari Allah itu kecuali secara mendadak (tiba-tiba), supaya ada orang yg mengaku bahwa ia dapat karena telah mengadakan persiapan untuk menerima kurnia itu.
Allah mewahyukan kepada Nabi Musa as: Tahukah engkau mengapakah Aku mengangkat engkau sebagai Nabi yg langsung mendengar kalamKu? jawab Musa: Engkau yg lebuh mengetahui. Bersabda Tuhan: ketika Aku larikan semua kambing Nabi syuaib yg kau pelihara itu, sehingga dengan suaah payah engkau mengejar kambing-kambing itu untuk mengembalikannya, tetapi kemudian setelah kembali semuanya engkau tidak. erasa jengkel/ marah, maka itulah sebabnya.Dalam hadist, seorang pelacur yg memberi minum kepada anjing, tiba-tiba Allah bersyukur kepadanya dan mengampunkan semua dosanya.
Demikianlah kehormatan dan kurnia-kurnia besar dari Allah secara tiba-tiba, supaya tidak ada orang berbangga dengan amal perbuatannya.
قال المصنف رحمه الله تعالی: من رأيته مجيباعن كل ماسئل ومعبراعن كل ماشهدوذاكراكل ماعلم فاستدل بذلك علی وجودجهله. ٨٠
Siapa yg selalu menjawab segala pertanyaan, dan menceritakan segala yg telah dilihat, dan menyebut segala apa yg ia ingat (ketahui), maka ketahuilah bahwa yg demikian itu tanda kebodohan orang itu.
menjawawb segala pertanyaan yg berhubungan dengan ilmu batin yg dituangkan Allah dalam hati orang arifin, menunjukkan adanya kebodohan, demikian pula jika menceritakan segala yg dilihat, sebab semua itu berupa rahasia Allah yg diberikan kepada seorang hambaNya, maka jika diterangkan kepada yg bukan ahlinya, hanya akan menjadi ejekan dan pendustaan belaka. karena itu yg menerangkan (menceritakan) berarti bodoh.
قال المصنف رحمه الله تعالی: إنماجعل الدارالأخرةمحلالجزاءعباده المؤمنين لأن هذه الدار لاتسع مايريدأن يعطيهم. ولأنه أجل أقدارهم عن أن يجازيهم فی دارلابقاءلها. ٨١
Sesungguhnya Allah menjadikan akhirat untuk tempat pembalasan bagi hamba yg mu'min, sebab dunia ini tidak cukup untuk tempat apa yg akan diberikan kepada mereka, juga karena Allah sayang akan memberikan balasan pahala mereka ditempat yg tidak kekal.
Rasulullah saw. beesabda: Sesungguhnya tempat pecut kuda didalam sorga lebih berharga(baik) dari pada dunia seisinya.Rasulullah saw. menceritakan apa yg disabdakan oleh Allah ta'ala:
أعددت لعبادی الصالحين ما لا عين رأت ولاأذن سمعت ولاخطربقلب بشر.
Aku telah sediakan untuk hambaKu yg solihin, apa-apa yg belum pernah dilihat oleh mata, atau didengar oleh telinga, atau tergerak dalam hati manusia.
والله اعلم بالصواب. الفاتحة
Tidak ada komentar:
Posting Komentar