Kamis, 10 September 2015
doc.matas.386.HUKUM SHALAT IMAM DUDUK SEDANGKAN MAKMUMNYA BERDIRI
Rita Luthfiyah
21 jam
Assalamu'alaikum wr wb
ada pertanyaan titipan..gimana hukumnya shlat berjama'ah yang imamnya sholat dengan duduk sedangkan jama'ahnya berdiri ?Trimakasih...Wassalam
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum bermakmum pada imam yang duduk yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudari Rita Luthfiyah
kesimpulannya sebagai berikut :
Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Ochan Dhakhochan
ﻭﺻﺢ ﺇﻗﺘﺪﺍﺀ ﺳﻠﻴﻢ ﺑﺴﻠﺲ ﻟﺒﻮﻝ ﺃﻭ ﺍﻟﻤﺬﻱ ﺃﻭ ﺍﻟﻀﺮﺍﻁ ﻭﻗﺎﺋﻢ ﺑﻘﺎﻋﺪ ﺃﻯ ﺻﺢ ﺇﻗﺘﺪﺍﺀ ﻗﺎﺋﻢ ﺑﻘﺎﻋﺪ ﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﺃﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺻﻠﻰ ﻓﻲ ﻣﺮﺽ ﻣﻮﺗﻪ ﻗﺎﻋﺪﺍ ﻭﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﻭﺍﻟﻨﺎﺱ ﻗﻴﺎﻣﺎ. ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ٢/٤٦ ﻭﺫﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺇﻟﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺼﺢ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻘﺎﺋﻢ ﺧﻠﻒ ﺍﻟﻘﺎﻋﺪ ﻭﻻ ﻳﺘﺎﺑﻌﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻌﻮﺩ. ﺳﺒﻞ ﺍﻟﺴﻼﻡ ٢/٢٣
itu intiny hadis@Ummu. bhwa saat Nabi sakit bliau sholat dg duduk. sdang sahabat Abu bakar brdi
Dlm ktrangan slanjutnya bhwasany dlm madhab syafi'i jk imam duduk mk makmum tdk blh ikut duduk
Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Abdul Gafur
ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ10 - ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻷﺫﺍﻥﺑﺎﺏ ﻣﻦ ﻗﺎﻡ ﺇﻟﻰ ﺟﻨﺐ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻟﻌﻠﺔﺣﺪﻳﺚ ﺭﻗﻢ 683ﺇﻇﻬﺎﺭ / ﺇﺧﻔﺎﺀ ﺍﻟﺘﺸﻜﻴﻞﺍﺳﺘﻤﻊ- 683 ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺯَﻛَﺮِﻳَّﺎﺀُ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ، ﻗَﺎﻝَ:ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﺑْﻦُ ﻧُﻤَﻴْﺮٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﻫِﺸَﺎﻡُ ﺑْﻦُﻋُﺮْﻭَﺓَ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ، ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ، ﻗَﺎﻟَﺖْ: »ﺃَﻣَﺮَﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﺑَﺎ ﺑَﻜْﺮٍﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﺑِﺎﻟﻨَّﺎﺱِ ﻓِﻲ ﻣَﺮَﺿِﻪِ «، ﻓَﻜَﺎﻥَﻳُﺼَﻠِّﻲ ﺑِﻬِﻢْ، ﻗَﺎﻝَ ﻋُﺮْﻭَﺓُ: ﻓَﻮَﺟَﺪَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﺧِﻔَّﺔً،ﻓَﺨَﺮَﺝَ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻳَﺆُﻡُّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ، ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺭَﺁﻩُﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﺍﺳْﺘَﺄْﺧَﺮَ، ﻓَﺄَﺷَﺎﺭَ ﺇِﻟَﻴْﻪِ: »ﺃَﻥْ ﻛَﻤَﺎﺃَﻧْﺖَ «، ﻓَﺠَﻠَﺲَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺣِﺬَﺍﺀَ ﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮٍ ﺇِﻟَﻰ ﺟَﻨْﺒِﻪِ،ﻓَﻜَﺎﻥَ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮٍ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﺑِﺼَﻼَﺓِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَﺑِﺼَﻼَﺓِ ﺃَﺑِﻲ ﺑَﻜْﺮٍ "ﺭ 195
Di jawab Oleh : Al-Ustad @ Lutfi Jaya
المجموع شرح المهذب (4/ 265)
(فرع)في مذاهب العلماء: قد ذكرنا أن مذهبنا جواز صلاة القائم خلف القاعد العاجز وإنه لا تجوز صلاتهم وراءه قعودا وبهذا قال الثوري وأبو حنيفة وأبو ثور والحميدي وبعض المالكية وقال الاوزاعي واحمد واسحق وابن المنذر تجوز صلاتهم وراءه قعودا ولا تجوز قياما وقال مالكفي رواية وبعض أصحابه تصح الصلاة وراءه قاعدا مطلقا
cabangdalam beberapa madzhabnya ulama' aku (imam nawawi) telah menyebutkan bahwa madzhab kami (syafiiyyah) memperbolehkan sholatnya orang yg berdiri (makmum) dibelakang /ikut bermakmum pada imam yg duduk yg gak mampu berdiri dan tidak boleh bagi makmum ikut duduk pada sholatnya dan dgn pendapat ini telah berkomentar attsauri,abu hanifah,abu tsaur,alhumaidi dan sebagian ulama' dari malikiyyahdan al-adzro'i,ishaq,dan ibnu mundir berpendapat boleh bagi makmum untuk duduk pada sholatnya yg ikut pada imam yg sholatnya duduk dan tidak boleh bagi mereka (makmum) untuk melakukan sholat berdiridan imam malik berkomentar dari riwayat sebagian ashabnya bahwa sah sholat bermakmum pada imam yg sholatnya duduk dgn mutlaq
========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU
MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )
PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya
EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolommusawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/500036096824031/
Link documen :
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas386hukum-shalat-imam-duduk-sedangkan-makmumnya-berdiri/500474246780216/?refid=18
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar