Selasa, 01 September 2015

DOC.50. PENGERTIAN GENIKMAT IJAD DAN IMJAD

PENGERTIAN ENIKMAT IJAD DAN IMJAD


                                                 Hasil gambar untuk nikmat
NIKMAT IJAD DAN IMJAD
Oleh Lutfi Jaya pada 6 November 2013 pukul 12:44

Syahid El-Syahril's
Assalamualaikum...Shbt matas, Q mw nx nech.. Q prnah baja buku tentang Nikmat,Nikmat i2 dha 2 : yaitu Nikmat Ijad N Nikmat Imjad, nach inilah yg Q gk ngerti maksudx..- brangkali dha shbt matas yG tw Q mhon partisipasinya..Wassalamualaikum.. .

jawaban:

Abina Syifa waalaikumsalam.wr.wb...sunggug pertanyaan [y̅α̲̅и̲̅g̲̅] ckup sulit ϑϊ dapat.bismillahirrohmanirrohim
 ﻧﻌﻤﺘﺎﻥ ﻣﺎﺧﺮﺝ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻭﻻ ﺑﺪ ﻟﻜﻞ ﻣﻜﻮﻥﻣﻨﻬﻤﺎ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻹﻳﺠﺎﺩ ﻭ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻹﻣﺪﺍﺩ٠“
Dua macam nikmat yang tiada satu makhluk pun yangterlepas daripadanya, yakni nikmat ciptaan (Al Imdad) dannikmat kelestarian (Al Ijad)."Nikmat imdad dan nikmat Ijad, adalah dua kenikmatanyang lazim ada pada semua yang berbentuk (maujud).Sesuatu yang semula tidak ada lalu menjadi ada itulahnikmat ijad (sebagai suatu hasil ciptaan Al Khaliq).Sedangkan nikmat imdad adalah kelanjutan dari adanyasesuatu yang dilestarikan menjadi sesuatu yang berfaedahdan menjadi lebih sempurna. Apabila nikmat itu tidak ada,maka jelas tidak ada benda yang berwujud, dan apabilatidak ada nikmat imdad, maka benda yang ada takberfaedah karena tidak ada yang melestarikan, dan tidakpula bertambah sempurna. Syekh Ataillah menjelaskan:

ﺍﻧﻌﻢ ﻋﻠﻴﻚ ﺍﻭﻻ ﺑﺎﻹﻳﺠﺎﺩ ﻭﺛﺎﻧﻴﺎ ﺑﺘﻮﺍﻟﻰﺍﻹﻣﺪﺍﺩ

“Kenikmatan dari Allah swt yang pertama adalah nikmatijad. Kelanjutannya adalah nikmat imdad, yang terusmenerus mdisempurnakan. "Seperti difirmankan olehAllah swt dalam surat Luqman ayat 20: "Dan Dia (Allah)telah menuangkan kepada kenikmatan lahir dan batin."Kenikmatan dari Allah itu adalah kenikmatan yang sempiukenikmatan yang berfaedah bagi manusia dan berbekasdalam kehidupan sesama hamba Allah. Wujud darikenikmatan itu menunjukkan kasih sayang dan rahmatAllah yang melimpah untuk semesta alam. Kenikmatan inipun termasuk kenikmatan dalam mencintai dan mentaatiAllah dalam sanubari para hamba-Nya. Demikian jugadalam berusaha menghindari dari perbuatan kufur danperbuatan maksiat. Berusaha mencintai Allah danmengerjakan ketaatan, serta menghindari atau mencegahperbuatan dari kekufuran dan kemaksiatan, termasukkenikmatan yang tinggi nilainya.Sebenarnya kenikmatan itu ada dua macam. Yaitukenikmatan jasmani dan kenikmatan rohani. Adapunkenikmatan jasmani adalah bantuan yang ditumbuhkanuntuk jasmani agar kokoh kuat hingga mampumenegakkan ibadah dan menyempurnakan amal. Sepertimakan dan minum dan kebutuhan lainnya yang akanmelanjutkan perkembangan jasmani manusia. Sedangkannikmat rohani bantuan yang ditumbuhkan untuk rohani,agar rohani menjadi kuat dengan cara menghidupkan apiiman di dalam rohani manusia terisi ilmu pengetahuan,yang akan melanjutkan ruhul Iman itu mengembangkandirinya dalam bentuk ibadah dan muamalah.Dalam menempatkan nikmat iman dalam hidup manusiaAllah swt menerangkan dalam surat Al Hujurat ayat 7-8:“Akan tetapi Allah menjadikan kamu mencintai keimanan,dan menjadikan iman itu menjadi hiasan hatimu, membuatkamu membenci kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan.Mereka orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,sebagai karunia dari Allah dan kenikmatan dari-Nya. Allahitu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."Nikmat yang dianugerahkan Allah kepada manusia,merupakan pemberian yang terus menerus, denganbermacam-macam bentuk Ini lahir dan batin. Hanyamanusia sajalah yang merasa kurang pandai memeliharanikmat Allah, sehingga ia merasa seakan-akan belummemberinya sesuatu pun. Disebabkan ia tidak bersyukurkepada Allah, dan tidak merasakan bahwa Allah swt telahmemberi kepadanya sangat banyak dari permintaannya.Sudah dijelaskan sebelum ini, bahwasanya nikmat yangsangat besar bagi manusia ialah nikmat iman. Karena lahir(jasmani) adalah perbuatan yang melanggar ketentuandan larangan Allah, seperti minum-minuman keras,berjudi, mencuri, berzina, dan perbuatan yang merusakjasmani manusia. Kerusakan batin adalah tidak terisinyabatin manusia dengan pendidikan akhlak, ilmu yangmampu mengendalikan diri manusia dari perbuatanmaksiat seperti Tauhid dan ibadah yang mampumemelihara diri manusia mendekati maksiat danmenghindarkan dirinya tergelincir ke dalam kemaksiatan.Termasuk orang yang menyia-nyiakan nikmat Allah,adalah orang yang menggunakan nikmat Allah tidak padatempatnya, atau menggunakan nikmat Allah untukkemaksiatan. Kenikmatan dari Allah yang salah digunakanoleh manusia termasuk lahirnya keangkuhan dari dirimanusia terhadap sesamanya. Lebih dari itu keangkuhanterhadap Allah swt, seakan-akan semua yang ada padanyaadalah karena kepandaian dan keistimewaan diri manusiaitu sendiri. Perasaan seperti ini memudarkan Tauhid daridalam jiwanya, karena ia telah melemahkan dirinyasendiri dari sifat orang beriman. Orang yang kehilangantauhidnya sangat berbahaya bagi dirinya berbahaya bagisesama hamba AllahDua Nikmat Besar

Lutfi Jaya

انعم عليك اولا باالايجاد وثانيا بتوال الامجاد
Artinya : Telah memberi nikmat (Allah) kepadamu pertama kali dengan nikmat ijad, dan yang kedua mengiringi nikmat imad” apabila nikmat ijad dan imjad sudah dikaruniakan Allah kepada manusia. Dengan kedua macam nikmat tersebut menjadi kehidupan manusia menjadi lebih sempurna. amin allahummah amin..

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah ( MATAS )

PENELITI :

(1). Ustadz Alfin Jayani (2). Ach al faroby (3). Ustadz Sultoni Arobbi (4). Ustadzah Naila Mazaya Maya (5). Ustadz Abu Shafa (6) Ustadz Abdul Ghafur Masykur (7) Ustadzah Mariyatul Qibtiyah 8. Ustad Alan Rush 9. Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Link documen fb :https://www.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas-50-nikmat-ijad-dan-imjad/299838536843789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar